by

Wajib Pahami Dunia Jurnalistik untuk Menjadi Jurnalis Handal

KOPI, Jakarta – Menjadi Jurnalis wajib memahami dunia Jurnalistik. Kenapa wajib? Karena Jurnalis adalah profesi serius dan menantang dimana orang yang melakukannya memiliki kemampuan dan keahlian dalam menghimpun berita, mencari fakta, dan melaporkan peristiwa yang baik dan jujur kepada para pembaca, pendengar dan penonton yang semuanya dapat dipertanggungjawabkan.

Pengertian jurnalisme dalam konsep media, berasal dari perkataan journal, artinya catatan harian mengenai kejadian sehari-hari, atau bisa juga berarti surat kabar. Jurnal berasal dari perkataan Latin djurnalis, artinya harian atau tiap hari.

Di Indonesia, istilah “Jurnalistik” dulu dikenal dengan “Publisistik”. Dua istilah tersebut mulanya kerap saling tertukar, hanya berbeda asalnya saja.

Beberapa kampus di Indonesia sempat menggunakannya karena berkiblat kepada Eropa. Seiring waktu, istilah jurnalistik muncul dari Amerika Serikat dan menggantikan istilah publisistik.

Semua yang akan dan ingin menggeluti dunia jurnalis sebaiknya memahami terlebih dahulu apa itu jurnalistik dan membekali diri dengan wawasan dan ilmu pengetahuan tentang ilmu jurnalistik, dan mengikuti pelatihan-pelatihan jurnalistik adalah suatu solusi.

Dan pada Sabtu, (28/08/2021) secara “Zoom Webinar” diselenggarakan pelatihan dasar jurnalistik secara nasional oleh Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Pusat yang diperuntukkan untuk para jurnalis se-Indonesia, dan umum.

Pelatihan dasar jurnalistik yang antara PPWI dengan Perkumpulan Pengusaha Hotel dan Restoran Indonesia (PPHRI) yang baru terbentuk Februari 2021 lalu di Kota Medan. Selain itu, pelatihan ini dalam rangka hari lahir Negara Kesatuan Republik Indonesia ke-76.

Dan pelatihan dasar jurnalistik merupakan acara penutup dari serangkaian acara yang telah digelar. Sebelumnya telah dilaksanakan Zoom Webinar Jurnalisme Warga dengan tajuk “Eksistensi Pewarta Warga dalam Perspektif UU Pers” pada Senin, (16/08/2021) dilanjutkan dengan acara “Lomba Menulis Essay bertema “Merdeka dari Pandemi Covid-19” yang dimenangkan Yan Djuna perwakilan dari PPWI DPD Sumatera Utara sebagai juara pertama.

Sebanyak 93 peserta dari berbagai daerah di Indonesia yang terdaftar turut serta mengikuti pelatihan dasar jurnalistik yang dimulai dari pukul 13.15 WIB dan berakhir pukul 17.00 WIB.

Banyak ilmu wawasan tentang jurnalistik disampaikan para narasumber yang luar biasa, diantaranya, Ketua Umum PPWI, Wilson Lelengke, S.Pd., M.Sc., M.A., lalu Mung Pujanarko, S.Sos., M.I.Kom., Dosen Ilmu Komunikasi dan Penulis di beberapa media, dan Danny P.H Siagian, S.E., M.M., selaku Praktisi Jurnalistik.

Acara berlangsung dengan sangat hangat, dengan Serepina Tiur Maida, S. Sos., M.Pd., M. I.Kom., Dosen Ilmu Komunikasi sebagai moderator acara.

Semua peserta pelatihan dasar jurnalistik memperoleh materi menulis berita cepat, informasi tentang dunia jurnalistik dan wawasan dalam penulisan kalimat dan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) serta tentu saja sertifikat pelatihan dasar jurnalistik.

Acara pelatihan dasar jurnalistik yang diberikan gratis kepada 10 pemenang terbaik “Lomba Menulis Essay” dan biaya Rp50,000 untuk umum diharapkan rutin dilaksanakan untuk memberikan arah agar para jurnalis dapat menulis berita yang baik dan cerdas kepada pembaca. (Nm)

Yan Djuna
CEO www.natamagazine.co
Kepala Biro Pariwisata dan UMKM Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) DPD Sumut
Chief Marketing Officer LPK/LKP Mulki Vokasi Indonesia
Kepala Bidang Promosi DPP Perkumpulan Pengusaha Hotel dan Restoran Indonesia (PPHRI)
Kepala Bidang Promosi Asosiasi UMKM Sumut
Kepala Bidang Pemberdayaan Komunitas Pariwisata dan UMKM MASATA DPD Sumut
Wakil Ketua Perkumpulan Komunitas Wirausahawan Indonesia (PORKEWI) DPD Sumut

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA