by

Wabup Patriana Pimpin Rapat Sinkronisasi Progam SDGs dan Segera Koordinasi ke Pusat

KOPI, Jembrana – Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna menggelar rapat bersama OPD Kabupaten Jembrana, Selasa (14/09/2021). Rapat tentang pemutahiran data untuk menuju proses Kabupaten Jembrana satu data, bertempat di ruang rapat Kantor Bupati Jembrana.

Tujuan rapat tersebut, untuk mengetahui tentang perkembangan dan kendala yang terjdadi di lapangan, karena datalah yang memegang peranan yang paling penting, untuk menjalankan segala kebijakan dan progam pembangunan. Hal tersebut, karena sejalan dengan progam Pemerintah Pusat Kementerian Desa (Kemendes) dalam progam pemutahiran data Sustainable Devolopment Goals (SDGs) desa yang menjadi atensi pemerintah, dan terus melaksanakan pendampingan.

Dalam rapat tersebut, dihadiri Staf Ahli Bupati I Komang Wiasa, Dinas Kominfo, Dinas PMD, Forum Perbekel Desa (Kades-red), Surveyor, Perwakilan relawan sebagai User di desa.

Ketua Forum Perbekel Desa (Kades-red) Gede Suardika yang yang didampingi Surveyor dari masing-masing kecamatan menyampaikan bahwa “Secara umum di setiap desa mengalami kendala yang sama yaitu dalam hal penginputan data, dan di samping itu juga malasah koneksi, relawan selaku User yang ditugaskan untuk pengimputan data yang ada di masing-masing desa sering mengalami kendala. Terkait data yang telah diinput tidak bisa tersimpan dalam aplikasi, dan data gagal terupload pada sistem, serta error pada Aplikasi SDGs desa yang terintegritas dengan pusat,” ucap Ketua Forum Perbekel Desa Gede Suardika.

Suardika juga menambahkan bahwa sejatinya seluruh data untuk keperluan pengimputan data tersebut, sudah selesai disiapkan, seluruh data itu masih tersimpan secara manual di masing-masing desa. “Secara berkala kita bersama team terus melakukan penginputan data, karena seringnya mengalami error atau server sibuk, sehingga hanya beberapa data yang bisa diupload,” terang Gede Suardika.

Setelah mendengar permasalahan tersebut, Wabup Patriana Krisna langsung menindaklanjuti kendala yang disampaikannya, Wabup Patriana Krisna langsung memerintahkan Dinas Kominfo untuk segera menyelesaikan masalah tersebut. “Dengan demikian mungkin kita bisa siapkan sistem yang bisa mengatur penginputan data agar bisa ditampung dulu di database Dinas Kominfo, sehingga ketika nanti sistem dari pusat sudah benar, baru kita tinggal meneruskan saja,” tegas Wabup Patriana Krisna.

Terkait untuk mengatasi Server Pusat yang sering mengalami error saat penginputan data tersebut, Wabup Patriana Krisna rencananya akan melakukan koordinasi ke pusat. (Humas/AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA