by

Tips Mendesain Rumah Minimalis Sederhana

KOPI, Surabaya – Hadirnya design minimalis di tengah-tengah masyarakat kekinian semakin digemari. Desbatasumah minimalis yang sanggup menampung seluruh keperluan ruangan secara simpel dengan cerdik menjadi satu diantara alasannya. Design minimalis tidak terus-terusan mengangkat kesederhanaan semata-mata. Sebetulnya, design rumah minimalis memiliki arti memaksimalkan semua komponen arsitektural untuk menampung seluruh keperluan penghuninya dengan fungsional dan nyaman . Maka, design rumah minimalis memiliki arti memakai semua komponen yang simpel dan terbatas untuk memperoleh dampak atau kesan-kesan yang terbaik, jasa desain rumah Surabaya bisa menjadi pertimbangan.

Lalu, bagaimanakah cara membuat desain rumah minimalis? Ide yang pertama kali harus diprioritaskan ialah ‘sedikit tetapi maksimal’. Tiap komponen di rumah minimalis harus betul-betul berperan dengan efektif dan sedapat mungkin multifungsi.

1.      Wujud dasar geometris sebagai watak arsitektur minimalis

Design rumah minimalis seringkali memaksimalkan beberapa bentuk dasar geometris. Tidak ada hiasan dan tambahan wujud yang tak perlu. Penampilan bangunan keseluruhannya lebih murni serta lebih minimum dengan beberapa bentuk geometri yang lebih ‘simple’. Tiap wujud yang ada mengutamakan pada beberapa hal yang memiliki sifat fundamental dan fungsional.

Wujud denah, wujud massa bangunan, wujud pintu, dan deret jendela yang kotak-kotak, mendominasi design rumah minimalis.

2.      Kesederhanaan yang aktif

Tiap wujud fungsional yang ada dipadankan dan digabungkan dengan serasi untuk membuat kedinamisan. Walaupun memanfaatkan beberapa bentuk dasar geometris dengan beberapa bahan simpel, tetapi design rumah minimalis sanggup tampil aktif dengan perulangan susunan sebagai ciri-ciri uniknya.

3.      Kesederhanaan yang cantik dalam kesenggangan ékstrem

Ruang-ruang dalam design minimalis menyengaja dibuat ‘kosong’ dan ‘senggang’ untuk mengapresiasi keindahan dari kesederhanaan komponen ruangan yang ingin jadi ‘point of interest’. Kamar mandi di Privat Residence Spring Hill ini tampilkan rak susun segitiga dan taman di luar sebagai ‘point of interest’.

4.      Menghapus dinding dan batas ruangan yang tak perlu

Design minimalis sengaja menghilangkan dinding pemisah antara ruangan yang dapat digabungkan perannya atau yang saling berkaitan. Transparansi jalinan antara ruangan lebih diprioritaskan. Transparansi di antara interior dan exterior juga kuat untuk membuat hubungan ruangan di rumah dan tempat di sekitarnya.

5.      Supremasi garis vertikal dan horizontal

Garis vertikal dan horizontal sebagai wujud dasar dua dimensi dan tiga dimensi, terlihat dalam hampir keseluruhnya design minimalis. Dimulai dari wujud massa bangunan, façade, skema ruangan, wujud ruangan, design furniture, sampai mengekspos sistematisnya.

6.      Penampilan permainan geometri dengan warna monokrom yang seirama

Permainan geometri dengan supremasi garis vertikal dan horizontal diperkokoh dengan warna monokrom seperti putih, hitam, dan abu-abu untuk perkuat watak design minimalis. Beberapa warna monokrom ini sebagai wakil ide kesederhanaan yang memicu warna cat rumah minimalis.

7.      Sedikit ornament bahkan juga tidak sama sekali

Kehadiran tiap komponen diperuntukkan untuk tampilkan akar kesederhanaan yang berkualitas dalam pendayagunaan wujud dan bahan yang simpel. Tiap ornament yang ada benar-benar fungsional untuk memperlihatkan gagasan kebebasan dan nilai-nilai dasar kenyamanan hidup. Ornament-ornamen itu juga tidak Cuma untuk seni semata, tapi untuk perkuat watak tiap komponen dan bahan pembentuknya.

8.      Manfaatkan penerangan dengan maksimal

Design rumah minimalis yang paling berkaitan dengan kesederhanaan yang fungsional, memerhatikan komponen simpatisan abstrak yang ada di alam, misalnya: penerangan alami, perputaran udara, keelokan kualitas ruangan, dan keasrian alam sekitaran. Selain cara diatas jasa desain rumah Surabaya bisa menjadi pertimbangan yang bagus.

Penutup: Minimalis tak berarti ‘sedikit’ , tapi memaksimalkan peranan tiap komponen yang dibutuhkan untuk memperoleh keseluruhnya keperluan secara nyaman . Maka, dapatkan design rumah minimalis yang berkualitas, nyaman, berguna maksimal, dan menawan dengan memberikan ide ‘Simplicity for maksimalism’. Semoga bermanfaat!.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA