by

Tips Memilih Rekening Online untuk Freelancer

KOPI, Jakarta – Tidak sedikit generasi milenial memutuskan menjadi seorang freelancer. Alasannya karena peluang kerjanya terbuka lebar, tidak ada ketentuan untuk datang ke kantor, waktu dan tempat kerja fleksibel, serta bisa mengeksplor banyak hal tanpa perlu izin atau cuti terlebih dahulu. Tak heran jika pekerjaan sebagai freelancer dianggap cukup menantang dan menghasilkan.

Akan tetapi, tidak selamanya menjadi freelancer itu menyenangkan. Terutama jika dilihat dari segi penghasilan yang kurang stabil. Terkadang freelancer banyak pekerjaan, namun juga  tidak jarang sepi akan pekerjaan. Di sinilah letak kesabaran dan kepintaran dalam mengatur keuangan. Jika Anda terbiasa hidup boros dan hura-hura disaat banyak uang, bukan tidak mungkin jika Anda akan kerepotan saat uang sedang kehabisan. 

Apalagi jika Anda sudah memiliki tanggungan, cicilan, hingga biaya pendidikan anak. Pasti hal-hal tersebut semakin menyusahkan apabila Anda tidak memiliki tabungan. Anda bisa mencoba untuk membuka rekening online agar bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Mengapa Rekening Online?

Di era serba online, kegiatan membuka rekening dapat dilakukan dengan mudah tanpa perlu datang ke bank. Cukup dilakukan dari rumah sambil menyelesaikan deadline pekerjaan. Ini bisa menjadi solusi bagi para freelancer yang ingin membuka rekening online.

Rekening online merupakan gebrakan dan inovasi sektor perbankan yang menawarkan berbagai kemudahan untuk para nasabah. Kemudahan tersebut antara lain yaitu proses membuka rekening secara online, menabung, transfer, cek mutasi, hingga memiliki beberapa pos tabungan hanya dalam satu aplikasi serta  memiliki catatan keuangan digital.

Rekening online dapat membantu mengatur keuangan menjadi lebih baik dan terarah. Dengan memanfaatkan fasilitas investasi, freelancer juga dapat belajar berinvestasi dengan nilai rupiah yang masih terbatas. Paket lengkap, bukan?

Pahami Tips Memilih Rekening Online untuk Freelancer

Kehadiran rekening online di Indonesia cukup pesat. Hal ini tidak terlepas dari ketertarikan generasi zaman now untuk mencoba sesuatu hal yang baru dan berbau teknologi masa kini. Dengan berbekal gadget dan akses internet, nasabah sudah bisa melakukan berbagai transaksi dalam hitungan menit bahkan saat tengah malam sekali pun.

Tapi ingat, dalam memilih rekening online tidak bisa asal pilih. Anda harus tetap berhati-hati dan menyesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ulasan terkini mengenai tips memilih rekening online bagi freelancer.

  1. Pilih Bank Terbaik dan Terpercaya

Sama dengan bank konvensional pada umumnya, dalam memilih rekening online juga terdapat banyak pilihan. Cari tahu seluk beluk dan berbagai informasi karena setiap bank memiliki ketentuan dan fitur yang berbeda. Anda juga bisa memilih bank yang menawarkan banyak keuntungan dan promo.

  1. Smartphone yang Kompatibel dan Support Internet 

Namanya rekening online, hal wajib yang harus dipenuhi adalah support dari smartphone dan ketersediaan jaringan internet (3G, 4G, atau 5G). Sebelum mendaftar, pastikan jika handphone kompatibel atau cocok dengan aplikasi rekening online. Hal yang perlu dipastikan misalnya jenis sistem operasi, browser dan fitur scan QR code.

  1. Fitur Unggulan

Setiap rekening online menyediakan banyak sekali fitur unggulan yang dapat memanjakan pengguna. Pilih rekening online yang menyediakan fitur yang sesuai kebutuhan dan akan sering Anda gunakan nantinya. Contohnya fitur pembagian tabungan, fitur pencatatan keuangan dan fitur pengingat pembayaran.

Fitur-fitur tersebut memudahkan Anda sebagai freelancer untuk mengatur keuangan dengan meletakan uang pada pos yang diinginkan. Anda juga akan memiliki catatan pengeluaran, sehingga dapat mengatur pengeluaran berdasarkan prioritas yang sudah Anda tentukan.

  1. Keamanan

Anda harus memahami jaminan keamanan setiap transaksi yang akan dilakukan, seperti fitur keamanan double – verification yang memberikan kode dari SMS OTP atau fitur lain menggunakan teknologi chip.

Aplikasi Senyumku Bantu Freelancer Mengelola Keuangan

Melalui aplikasi kekinian Senyumku yang dikeluarkan oleh PT Bank Amar Indonesia Tbk, kini para freelancer dapat mengatur penghasilan menjadi beberapa pos yang diinginkan agar pengeluaran lebih terkontrol. Selain itu, juga ada fitur Auto Categorization dan Spending Alert untuk mengontrol belanja. Fitur ini secara otomatis akan melacak setiap pengeluaran dan mengingatkan pengguna jika mendekati limit yang telah ditentukan. 

Senyumku juga telah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta telah mulai beroperasi sejak tahun 2019. PT Bank Amar Indonesia Tbk juga memiliki produk KTA Digital bernama Tunaiku.

Meski tidak memiliki penghasilan yang tetap, bukan berarti freelancer tidak bisa mencapai finansial yang stabil. Semua bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi Senyumku. Unduh dan gunakan sekarang demi mencapai kebebasan finansial!

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

WARTA MENARIK LAINNYA