by

Tips Kerja Ergonomis Anti Pegal

KOPI, Jakarta – Semenjak pandemi, banyak pekerja yang kurang memerhatikan fasilitas dan posisi yang ergonomis ketika work from home (WFH). Bahkan, sebelum bekerja dari rumah diterapkan, sudah banyak pekerja yang mengeluh cepat lelah atau cepat pegal ketika bekerja karena area kerja yang kurang ergonomis.

Salah satu universitas di India, Institut Teknologi India Guwahati menyatakan bahwa gangguan muskuloskeletal akibat bekerja meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir di dunia industri. Hal ini dapat merugikan bagi para pekerja. Selain berpengaruh bagi kesehatan secara fisik, tetapi juga dapat berpengaruh terhadap mental para pekerja itu sendiri.

Untuk menghindari tubuh yang cepat pegal dan lelah, berikut tips tips yang bisa diterapkan :

Mengubah Posisi Punggung

Pertama, perhatikan posisi duduk. Pastikan punggung bersandar pada sandaran kursi. Punggung memiliki bagian melengkung pada bagian pinggang. Jadi, jika punggung terasa kurang nyaman, bisa tambahkan bantal untuk menyangga lengkungan. Perhatikan juga agar posisi duduk tidak terlalu tinggi. Selain itu, kursi kerja ergonomis yang menyesuaikan bentuk punggung sudah banyak beredar dan bisa dijadikan alternatif. Hindari juga duduk dengan menumpu pada tulang ekor terlalu lama.

Posisi Tubuh Bagian Atas

Kedua, posisikan bahu agar tetap tegak, tidak terlalu menyandar dan tidak terlalu menunduk  Hal ini dilakukan untuk menghindari sirkulasi darah yang tidak lancar. Posisikan tangan di atas meja dengan membentuk huruf “L” dengan jarak yang tidak terlalu jauh agar bahu dan lengan tidak terlalu terbebani.

Posisi Lutut Tidak Pas

Selanjutnya, posisikan lutut agar sedikit lebih rendah dari pinggul dan tubuh ditopang dengan baik dengan pinggul ketika duduk. Hindari menyilang kaki karena dapat menghambat aliran darah dan membuat otot jadi kaku. Jika jarak kaki jauh dengan lantai, gunakan penopang agar kaki tidak menggantung. Pastikan juga posisi lutut ditekuk dan membentuk sudut kurang lebih 90 derajat.

Jarak Tubuh dengan Laptop

Keempat, jika bekerja menggunakan laptop atau komputer usahakan agar mata dengan monitor sejajar. Hal ini dilakukan untuk menghindari leher yang cepat sakit. Jika menggunakan mouse, usahakan jarak mouse dan laptop atau komputer tidak terlalu jauh dan ada bantalan atau tumpuan di pergelangan tangan agar tangan tidak nyeri sendi.

Take a Break

Poin terakhir yang tidak kalah penting, ubahlah posisi duduk maksimal sekali dalam 60 menit. Selain itu, bisa juga melakukan peregangan atau jalan-jalan sebentar sekitar 5 hingga 10 menit agar tubuh tidak kaku. Hal ini dilakukan untuk menghindari nyeri otot.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA