by

Sayur Hijau Bantu Menurunkan Kadar Kolesterol

KOPI, Jakarta – Kali ini apakah anda pernah mendengar apa itu kolesterol? Serta cara menurunkan kadar kolesterol? Kolesterol merupakan lemak yang berguna bagi manusia. Karena lemak sendiri merupakan salah satu bahan energi dan tempat menyimpan energi di dalam tubuh. Namun, apabila kadar dari kolesterol ini terlalu banyak maka akan berbahaya.

Berapa kadar normal kolesterol pada tubuh?

Selanjutnya Anda dapat melakukan cek kadar kolesterol secara berkala agar terus terpantau. Sehingga, ambang batas kolesterol Anda dikategorikan normal adalah kurang dari 200 mg/dL. Maka, Lebih dari itu dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti ateroma, penyakit jantung, dan stroke.

Bagaimana menjaga agar kadar kolesterol selalu normal?

Kadar kolesterol normal dapat diusahakan dengan selalu menjaga pola makan yang sehat. Berikut, kami akan jabarkan makanan apa saja yang dianjurkan dan dihindari untuk menjaga kolesterol :

Makanan yang dianjurkan untuk menurunkan kadar kolesterol:

  • Pertama Kacang

Kacang-kacangan mengandung asam lemak yang sehat, kacang yang bisa anda konsumsi adalah kacang almond, kacang kenari dan kacang walnut.

  • Kedua Minyak zaitun

Kandungan antioksidan yang ada di dalam minyak zaitun dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Minyak zaitun dapat di gunakan ketika Anda menumis atau sebagai campuran dalam masakan.

  • Ketiga Oatmeal

Memiliki kandungan serat yang tinggi, protein, vitamin B1 dan fosfor sangat berguna untuk menjaga kondisi kesehatan Anda.

  • Keempat Ikan

Selanjutnya ikan kaya akan kandungan protein, mineral, lemak sehat, omega-3 dan vitamin K yang dibutuhkan oleh tubuh. Ikan yang dapat Anda konsumsi adalah ikan salmon, tuna, makarel dan lain-lain.

  • Kelima Sayur hijau

Jadi cara kerja sayur hijau menurunkan kolesterol adalah dengan mengikat asam empedu dan membuat tubuh mengeluarkan lemak jahat.

Makanan yang dihindari, karena mengandung lemak yang cukup tinggi :
  1. Daging berlemak
  2. Mengandung santan
  3. Daging olahan (seperti nugget, sosis, dll)
  4. Jeroan
  5. Seafood
  6. Makanan yang digoreng
  7. Telur

Akhirnya, itu adalah makanan serta cemilan yang dianjurkan dan perlu dihindari ketika kadar kolesterol Anda berada lebih dari batas normal. Tetap menjaga pola makan yang sehat dan berolahraga secara rutin serta minum jamu sido muncul, sehat selalu!

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA