by

Presiden Uzbekistan Minta Organisasi Kerja Sama Shanghai untuk Berdialog dengan Pemerintah Baru Afghanistan

KOPI, Jakarta –  Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev, dalam pertemuan Dewan Kepala Negara Organisasi Kerja sama Shanghai (SCO) di Ibu Kota Tajikistan, Dushanbe, mengajukan beberapa proposal untuk kerja sama dengan Afghanistan, Jumat (17/9/2021) lalu.

Secara khusus, kepala negara menyarankan agar negara-negara anggota SCO mengembangkan dialog dengan otoritas baru Afghanistan dan mencegah pertumbuhan ekstremisme.

“Hari ini sebuah realitas baru telah terbentuk di negara ini [Afghanistan]. Kekuatan baru mulai berkuasa. Ini adalah fait accompli. Dalam hal ini, perlu untuk mengembangkan pendekatan yang disepakati mengenai situasi di Afghanistan, serta pengembangan dialog dengan otoritas baru negara itu,” kata Shavkat Mirziyoyev

Presiden mencatat bahwa penting untuk mencapai representasi politik yang luas dari semua lapisan masyarakat Afghanistan dalam administrasi publik.

“[Penting juga] untuk mencegah kemungkinan pertumbuhan ekstremisme dan ekspor ideologi radikal, penggunaan Afghanistan untuk tindakan subversif terhadap negara-negara tetangga. [Penting] untuk memastikan kepatuhan terhadap hak asasi manusia dan kebebasan mendasar, termasuk hak perempuan dan minoritas nasional,” tambah Shavkat Mirziyoyev.

Selain itu, kepala negara mengusulkan untuk mencairkan aset Afghanistan di bank asing. Presiden Mirziyoyev percaya bahwa tindakan ini akan mencegah krisis kemanusiaan skala besar dan peningkatan arus pengungsi, dan terus membantu negara ini dalam memecahkan masalah sosial.

Pemimpin Uzbekistan juga mengusulkan untuk menyelenggarakan pertemuan dalam format SCO-Afghanistan di Tashkent pada 2022.

“Untuk mengonsolidasikan upaya kami dan secara luas membahas masalah penyelesaian politik di negara ini, kami mengusulkan untuk secara teratur mengadakan pertemuan tingkat tinggi dalam format SCO-Afghanistan dengan melibatkan negara pengamat dan mitra dialog. Kami siap untuk menyelenggarakan pertemuan pertama seperti itu di Tashkent,” kata Shavkat Mirziyoyev.

Kepala negara juga mengusulkan untuk mengadakan forum ekonomi SCO di republik pada tahun 2022. Pada saat yang sama, Presiden Uzbekistan mencatat pentingnya percepatan adopsi program kerja sama industri SCO. “Mekanisme praktis untuk implementasinya adalah pembentukan pusat kerja sama di negara kita,” tambah Shavkat Mirziyoyev.

Presiden Uzbekistan juga mengajukan proposal di bidang penanggulangan pandemi virus corona.

“Pandemi menunjukkan perlunya kerja sama yang erat di sektor kesehatan. Dalam konteks ini, kita harus mengadopsi peta jalan kerja sama dalam pencegahan penyakit menular,” sebut Shavkat Mirziyoyev.

Peta jalan itu, tambahnya, harus mencakup langkah-langkah untuk saling mengakui sertifikat vaksinasi virus corona. Kepala negara juga mengajukan inisiatif ini pada forum Asia Tengah dan Selatan di Tashkent pada bulan Juli.

Selain itu, Presiden Uzbekistan mengumumkan beberapa inisiatif lagi untuk kerja sama dalam SCO:

  • Pengembangan Program Pembangunan Perdagangan Intraregional;
  • Penerapan Program Kerja Sama Industri dan pembentukan pusat-pusat kerja sama di bidang ini;
  • Adopsi Strategi SCO di bidang konektivitas transportasi;
  • Peningkatan Program Pengembangan Infrastruktur di Area SCO;
  • Penguatan kerja sama di bidang penanggulangan kemiskinan dan ketahanan pangan;
  • Pembentukan Forum pakar SCO di bidang keamanan informasi;
  • Pengenalan lembaga SCO Goodwill Ambassador;
  • Pengembangan kesepakatan antar pemerintah di bidang pariwisata.

Pada Pertemuan SCO, diputuskan untuk memindahkan kepemimpinan organisasi ini kepada Uzbekistan pada 2021-2022. Untuk mengimplementasikan usulan presiden dalam periode kepemimpinannya, direncanakan untuk mengadakan lebih dari 80 acara bersama dengan mitra.

Pertemuan tingkat tinggi tersebut menghasilkan adopsi lebih dari tiga puluh dokumen, termasuk Deklarasi Dushanbe pada Hari Jadi ke-20 SCO yang mencatat pencapaian organisasi dalam dua dekade terakhir dan menegaskan kembali komitmen negara-negara anggota untuk kerja sama regional ke depan.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA