by

Polres Karawang Gelar ‘Festival Mural Goyang Karawang 2021’ Tingkat Nasional

KOPI, Karawang – Polres Karawang bersama Komunitas Muralis Kabupaten Karawang menggelar “Festival Mural Goyang Karawang 2021” tingkat Nasional di Stadion Singaperbangsa Karawang, Minggu (26/9/2021). Tujuan digelarnya kegiatan tersebut yakni untuk memberikan wadah atau ruang bagi para seniman muralis dalam berekspresi.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono, bahwa Festival Mural Goyang Karawang 2021 masih dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Karawang ke-388. “Saya ini penggemar seni, makanya sangat mendukung kegiatan teman-teman muralis. Mereka butuh tempat untuk berekspresi. Saya yakin Pemkab Karawang akan menyediakan ruang bagi para muralis,” kata Aldi.

Lanjut Aldi, minat peserta luar biasa. Selain dari Karawang sebagai tuan rumah, peserta datang dari berbagai daerah seperti Malang, Yogyakarta, Semarang, Magelang, DKI Jakarta, Purwakarta dan Banten.

Hal itu tentunya membuktikan bahwa muralis memang membutuhkan ruang untuk berekspresi dan menghasilkan karya ke arah yang lebih positif. “Kita bertujuan untuk memberikan ruang kepada para pelaku mural guna unjuk karyanya ke arah yang lebih Positif dengan tema Goyang Karawang 2021 ini,” ungkapnya.

Dalam Festival Mural Goyang Karawang 2021 yang diikuti sebanyak 24 peserta, Mural terbaik jatuh kepada Muralis asal Purwakarta yakni Sintia dari komunitas CEA Mural dengan tema “Pesan Orang Tua untuk Kita”. Komunitas CEA Mural menggambar seorang wanita tua menggunakan masker dengan ekspresi yang seolah memberikan pesan kepada kita semua agar kita senantiasa menggunakan masker dalam masa pandemi Covid-19 tersebut.

“Ini untuk pertamakalinya saya menyampaikan melalui mural pesan ibu akan pentingnya protokol kesehatan. Pesannya, kita jangan abaikan protokol kesehatan, selalu pakai masker. Sebelumnya belum pernah menggambar tentang Covid-19,” katanya, Minggu (26/9/21) malam.

Berikut daftar nama peraih Juara di Festival Mural 2021:

  • Juara Favorit: Rumah Seni 28 (Jakarta)
  • Juara Harapan 3: Hawhaw Management (Karawang)
  • Juara Harapan 2: Aan (Yogyakarta)
  • Juara Harapan 1: Ade (Banten)
  • Juara 3: Subkhi (Magelang)
  • Juara 2: Iswahyudi (Kota Malang)
  • Juara 1: Sintia CEA Mural (Purwakarta). (DJ)
______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA