by

Mengatur Layout Rumah Menurut Feng Shui

KOPI, Jakarta – Hunian Inklusif yang aman dan nyaman kamu apakah sudah sesuai menurut Feng Shui?  Sebelum membahas lebih lanjut, alangkah baiknya kamu mengenal apa itu feng shui.

Pengertian Feng Shui

Feng Shui adalah filosofi asal China kuno yang mengedepankan keseimbangan dan energi baik yang melingkupi rumah, sehingga dapat memberikan kenyamanan, kesejahterahaan dan ketenangan bagi penghuninya. Ilmu Feng Shui dikenal sebagai pembawa keberuntungan, membahagiakan dan menjadikan rumah lebih sehat.

Feng Shui dalam denah rumah mengajarkan tata letak terbaik pada setiap ruangan, menciptakan suasana rumah yang dapat menyatukan dengan alam dan membuat rumah itu sehat. Rumah yang dibuat dengan pertimbangan Feng Shui juga bisa memberikan aura keburuntungan dan energi positif pada setiap penghuninya.

Untuk bisa mewujudkan denah rumah menurut feng shui, ada beberapa aspek yang hendak kamu perhatikan, antara lain:

Perhatikan bentuk kavling rumahmu

Menurut feng shui, bentuk kavling rumah yang baik adalah berbentuk persegi Panjang. Tidak hanya itu, kavling rumah sebaiknya tidak mengecil ke arah belakang.

Perhatikan kontur tanah

Menurut feng shui, kontur tanah yang sesuai adalah bagian belakangnya lebih tinggi. Kenapa seperti itu? Kontur tanah yang semakin tinggi ke bagian belakang dapat memberikan kemakmuran lebih pada stiap penghuninya.

Jangan sembarangan menata

Menata setiap detail ruangan tidak boleh sembarangan ketika membangun rumah. Salah satu hal terpenting adalah menjaga agar kamar mandi, tangga, dan dapur tidak boleh berada di bagian tengah rumah. Menurut feng shui, pemisahan antara unsur panas dan unsur dingin sangat disarankan untuk mengundang keberuntungan yang lebih banyak.

Letakkan pintu masuk dengan baik

Arah pintu masuk utama harus disesuaikan dengan perhitungan angka KUA Feng shui yang memang terbaik untuk seluruh penghuni. Aliran udara dalam rumah mengundang banyak rejeki, dan dimulai dari pintu masuk rumah. Pintu masuk utama sebagai awal masuknya keberuntungan dan harus dalam kondisi yang bersih dan lega, jauh dari berbagai barang yang dapat menghalangi.

Perhatikan juga waktu pembangunannya

Salah satu waktu terbaik dalam membangun sebuah rumah adalah tahun jiong , dimana dalam waktu tersebut dapat memberikan banyak keberuntungan.

Terapkan konsep rumah terbuka

Menurut feng shui, rumah terbuka menandakan kemakmuran dan penghuninya terdampak pikiran positif. Sebisa mungkin, kamu membuat rumah yang terkesan luas dan juga teratur.

Letakkanlah tanaman pada ruang tamu

Menurut feng shui, penambahan tanaman hias di ruang tamu dapat menghadirkan suasana yang harmonis, dan dipercaya bisa menambah aura dan energi positif yang mengundang banyak rejeki.

Nah, itulah beberapa aspek yang dapat kamu perhatikan dan terapkan saat membangun sebuah hunian. Tujuan feng shui adalah membuat rumah kamu terasa sehat dan juga rapi. Tertarik untuk menerapkannya?