by

Materi Diklat Online, Macam dan Tujuannya

KOPI, Jakarta – Pelaksanaan diklat online 2021 memang mengundang perhatian banyak orang terutama jika mereka tertarik untuk mengikuti program pelatihan. Jenisnya pun beragam dimana umumnya banyak perusahaan gunakan ketika ingin memenangi persaingan secara global dengan industri lainnya.

Pilihan Materi Diklat Online 2021

Umumnya, ISO mempunyai berbagai jenis standar yang akan perusahaan gunakan sebagai cara jitu untuk memenangi persaingan global. Selain itu juga berguna agar menciptakan lingkungan kerja secara terstandarisasi. Tujuan utamanya agar semua aktivitas bisa berjalan sesuai aturan internasional

1. ISO 9001

Sesuai dengan ISO 9001, manfaatnya cukup banyak khususnya bagi industri manufaktur. Standar ini akan memberikan inspirasi bagi perusahaan guna menemukan cara yang lebih efektif secara permanen. Tujuannya adalah mampu menyelesaikan masalah baik secara kualitas maupun biaya.

Standar ISO 9001 akan membantu bisnis untuk melakukan identifikasi, dokumentasi hingga peningkatan system. Ketiganya mampu memenuhi kebutuhan pelanggan secara tertulis dan juga tersirat. Beberapa contohnya seperti manufaktur ramah lingkungan serta efisiensi produk hasil akhir.

2. ISO/ IEC 17025

Jenis ini umumnya akan perusahaan gunakan dalam hal pengujian seperti laboratorium. Standar ini memungkinkan sebuah lab untuk menunjukkan bahwa segala aktivitas mereka telah berjalan secara kompeten dan mendapatkan hasil secara valid. Hal ini berhubungan dengan tingkat kepercayaan klien.

Adanya pelatihan ISO 17025 juga mampu membantu memberikan fasilitas berupa Kerjasama antara badan lain dan laboratorium. Tujuannya untuk menghasilkan penerimaan secara lebih luas dari satu negara ke negara lain tanpa membutuhkan pengujian ulang.

3. ISO 28000

ISO 28000 merupakan standar internasional yang membahas mengenai persyaratan sistem manajemen keamanan khususnya untuk rantai pasok. Keseluruhan persyaratan di dalamnya akan membahas mengenai aspek yang mampu membantu organisasi menilai ancaman dalam hal keamanan

Cara pengelolaan dan antisipasi dari ancaman tersebut juga penting untuk perusahaan tentukan. Manajemen Keamanan ini berkaitan dengan aspek lain misalnya manajemen bisnis. Adanya ISO 28000, sebuah industri bisa menentukan apakah sudah tepat dalam menentukan keputusan atau belum.

4. ISO 50001

ISO 5001 yang merupakan sebagai standar internasional telah menetapkan syarat bagi organisasi. Tujuannya untuk mengembangkan, meningkatkan dan mengimplementasikan sistem manajemen energi. Hal ini memungkinkan agar perusahaan mampu mengikuti kerangka kerja secara spesifik.

Kerangka kerja tersebut akan menetapkan pengukuran, laporan dan juga dokumen. Ketiganya memungkinkan sebuah organisasi bisa memantau perkembangan proses dan juga karyawan selama kinerja energi. ISO 5001 mengharuskan perusahaan untuk membuat kebijakan dan sasaran terbaru.

5. ISO 14001

Sementara ISO 14001 merupakan standar internasional yang telah mendapat pengakuan secara luas. Tujuannya untuk menetapkan syarat organisasi ketika mereka ingin meningkatkan lingkungan kerja lebih efektif dan efisien. Pasalnya peningkatan efisiensi operasional sangat penting bagi perusahaan.

Kerangka kerja ISO 14001 memungkinkan suatu organisasi mampu mengelola proses baik jangka panjang maupun pendek.  Pengelolaan sumber daya secara efisien tentunya memberikan dampak positif terhadap lingkungan. Sebuah perusahaan perlu mempertahankannya demi kelancaran produksi.

6. ISO 22000

ISO 22000 merupakan standar internasional yang sudah mendapat pengakuan secara global. Cakupannya adalah persyaratan khususnya untuk sistem manajemen dalam bidang keamanan pangan. Standar ini telah berdiri sejak tahun 2005 dimana berlaku pada seluruh industri rantai makanan

Standar ISO 22000 akan menguraikan kerangka kerja guna menyelaraskan semua bagian baik dari rantai pasokan makanan serta alur produsen menuju konsumen. Tujuannya untuk membantu Anda mengurangi resiko bahaya pangan selama produksi serta pengendalian resiko atas kontaminan.

7. ISO/ IEC 27001

ISO/ IEC merupakan standar internasional yang telah menetapkan mengenai spesifikasi untuk sistem manajemen keamanan dalam bidang informasi. Pendekatan secara praktik terbaiknya mampu membantu organisasi bisa mengelolanya. Penggunaan teknologi pun dapat berjalan lebih aman.

Sertifikasi akreditasi ISO/ IEC telah mendapatkan pengakuan dari seluruh dunia secara independen. Standar tersebut menjadi indikasi jika sistem manajemen keamanan informasi telah selaras dengan praktik terbaik di dunia. Beberapa prinsipnya adalah membangun, mengoperasikan dan memantau.

8. ISO TS 16949

ISO TS 16949 merupakan persyaratan sistem kualitas secara umum yang sudah memperoleh perkembangan bersama industri di bidang otomotif berskala internasional. Beberapa negara di antaranya adalah AS, Prancis, Jerman dan Italia dalam upaya meningkatkan kualitas dan integritas.

Persyaratan ini tertuju kepada organisasi apapun yang fokusnya memproduksi komponen, suku cadang dan rakitan untuk pasokan industri otomotif. ISO TS 16949 sangat berhubungan dengan jenis ISO sebelumnya. Khususnya perusahaan dengan persaingan global meskipun di bidang berbeda.

Tujuan Penerapan ISO dalam Bisnis

Banyak orang yang bertanya ketika mereka belum pernah mengikuti diklat online. Bagi Anda jika tertarik dengan program tersebut, maka sebenarnya penerapan ISO sangatlah penting di dalam bisnis. Hal ini menjadi alasan mengapa sektor perusahaan memilih untuk menerapkannya.

Salah satu tujuan paling utama adalah meningkatkan kredibilitas bagi perusahaan. Hal ini penting terutama bagi sektor market global. Sebagai calon konsumen tentu memiliki tingkat kepercayaan tinggi sehingga mempunyai kemungkinan tinggi untuk menjadi pelanggan tetap serta meningkatkan produksi.

Selain itu, penerapan ISO juga efektif untuk mengoptimalkan kinerja para karyawan. Sebuah perusahaan yang sudah mempunyai visi misi dan peraturan tertentu mampu membuat kinerja seluruh pihak menjadi lebih efisien dan optimal. Secara tidak langsung akan meningkatkan kualitasnya masing-masing.

Pelaksanaan diklat online 2021 memang memiliki materi yang beragam khususnya terkait ISO dalam beberapa versi hingga tahun ini. Berbagai jenisnya memiliki tujuan tersendiri sehingga sebuah perusahaan pun bisa menyesuaikannya sesuai dengan bidang produksinya.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA