by

Masuki Musim Hujan, Begini Tips Hadapi Ban Mobil Selip di Jalan Licin

KOPI, Jakarta – Memasuki musim penghujan, ada beberapa hal yang harus diwaspadai seorang pengemudi. Salah satunya ban mobil saat melintas di jalan licin, hal tersebut karena kondisi jalan basah menyebabkan karet bundar tersebut selip.

Untuk itu, Auto2000 memberikan tips mengatasi ban selip kepada Auto Family agar merasa aman dan nyaman saat bermobilitas. Yang harus diketahui AutoFamily adalah gejala awal ban mobil selip.

Gejalanya dapat dirasakan dari gerakan tiba-tiba pada mobil, seperti bodi mobil yang bergerak ke kanan dan ke kiri atau mobil berjalan lurus meskipun kemudi dibelokkan. Jika menghadapi hal tersebut, hal pertama yang harus dilakukan AutoFamily adalah tidak boleh panik.

Kepanikan akan berakibat fatal bagi pengemudi dan memicu pengemudi melakukan tindakan yang tidak perlu seperti pengereman keras atau membanting stir, hal tersebut akan memperburuk keadaan. Sikapi dengan tenang serta fokus dan konsentrasi mengemudi untuk menentukan respon selanjutnya. Itulah mengapa pengemudi dilarang melakukan aktivitas lain saat berkendara seperti bermain ponsel.

Selanjutnya, menunggu hingga grib ban kembali traksi saat mobil mulai dikendalikan. AutoFamily cukup menahan setir lurus ke depan dan tidak melakukan counter kemudi, selain tentunya tidak menginjak pedal rem atau pedal gas.

Dengan tidak melakukan apa-apa, AutoFamily akan mencegah mobil kehilangan kendali supaya tidak lebih parah dampaknya. Jika daya cengkeram ban sudah kembali mobil bisa dikendalikan. Seperti mengubah arah kemudi atau menekan pedal rem. Tetap waspada terhadap lingkungan sekitar mobil, termasuk kendaraan lain dari arah belakang.

Berikut beberapa langkah mencegah ban mobil selip diantaranya:

  1. Mengurangi kecepatan mobil saat hujan turun atau melewati jalan licin. Sebaiknya kurangi 20 persen dari kecepatan normal agar ban tetap mendapatkan daya cengkeram yang optimal serta mengurangi resiko kecelakaan yang diakibatkan oleh ban selip.
  2. Jaga jarak dengan kendaraan di depan supaya ketika ada masalah dapat direspon dengan cepat dan aman.
  3. Kondisi ban memegang peranan penting untuk mencegah selip di jalan licin.
  4. Pastikan tekanan angin ban juga alur pada telapak ban belum mencapai batas keausan supaya dapat membuang air dengan baik dan tidak mudah kehilangan di kondisi berat.
  5. AutoFamily harus selalu menjaga kondisi seluruh ban mobil, apalagi memasuki musim penghujan.
  6. Segera ganti ban kalau kondisinya sudah tidak layak.

AutoFamily tidak perlu khawatir, saat ini sudah tersedia Aplikasi Auto2000 Digiroom untuk membeli ban baru masuk lewat menu PURNA JUAL, lanjut klik menu Aksesoris dan Kupon Servis, akan ada pilihan ban mobil, spareparts, dan aksesoris Toyota lainnya.

“Ban mobil kondisi tidak layak dapat mengganggu keamanan bermobilitas, apalagi di musim hujan. Pastikan mobil AutoFamily aman dan nyaman dengan melakukan servis berkala sekaligus pengecekan kondisi ban. Booking saja melalui Aplikasi Auto2000 Digiroom dan manfaat berbagai promo menguntungkan termasuk pembelian ban baru untuk mobil Toyota kesayangan anda,” terang Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000, Jumat (17/9/21).

Sementara itu Auto2000 mengadakan program talk show bertajuk Ngovi2000 (Ngobrol Virtual Bareng AutoFamily) bertema “Bangkit Bersama Saat Pandemi” melalui link zoom masing-masing Cabang Auto2000 pada Sabtu (18/9/21).

Ngovi2000 menggelar berbagai promo yang bisa dimanfaatkan via Auto2000 Digiroom diantaranya:

  • Gratis biaya jasa dan spareparts hingga servis berkala ke-7 untuk beberapa model Toyota.
  • Untuk pembelian mobil baru, tersedia Program Big Deals Bunga 1,9% dengan bunga ringan 1,9% untuk Toyota Avanza, Sienta, Yaris, Calya, Corolla Cross, Corolla Altis, dan Camry.
  • Khusus penyuka Raize, ada promo Raize Family, Raize Millenial, serta EZDeal bersama Toyota Yaris.
  • Tersedia promo Big Deal Agya Calya, Toyota GR bagi pecinta GR Family, dan Program Cicilan Ringan. Pilih Mobil Semudah Cicilannya dengan cicilan ringan mulai Rp2,4 jutaan. (NJK)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA