by

Kenali Bahaya Produk yang Tidak Menerapkan Prinsip Ergonomi

KOPI, Jakarta – Apa kamu tahu bahaya apa yang menantimu jika menggunakan produk yang tidak menerapkan prinsip ergonomi? Ergonomi adalah interaksi manusia dengan sistem, profesi, prinsip, data, dan metode dalam rangka merancang sistem tersebut agar sesuai dengan kebutuhan, keterbatasan, keterampilan manusia. Artinya, Ergonomi adalah suatu upaya untuk menyelaraskan lingkungan atau area kerja dengan kebutuhan user atau manusianya.

Prinsip ini sangat penting untuk diterapkan pada seluruh rangkaian pekerjaan yang dilakukan, agar pekerjaan yang dilakukan dapat berjalan kondusif. Dengan situasi kerja yang nyaman dan kondusif, tentu dapat mendorong pekerja untuk melakukan performa terbaiknya.

Lalu, apa akibatnya jika ada suatu produk yang tidak menerapkan prinsip Ergonomi?

Hal pasti yang pertama kali terjadi adalah adanya ketidaknyamanan. Contoh yang biasa kita sering temukan pada kehidupan sehari-hari misalnya meja kerja. Meja kerja yang terlalu tinggi mengharuskan kita untuk melihat sedikit lebih tinggi keatas dan tangan yang lebih tinggi dibanding yang seharusnya. Jika dilakukan dalam waktu yang lama hal ini akan dapat memperburuk situasi kesehatan user, dan bahkan cedera.

Sebenarnya, cedera seperti apa yang dimaksud? Prinsip ergonomi bergerak dengan mempelajari kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan user. Mulai dari bagaimana mereka duduk, berjalan, meletakkan tangan, dan sebagainya. Jika suatu produk bertentangan atau menghalangi kebiasaan user, maka bukan tidak mungkin user akan membentur produk ketika ingin meletakkan tangannya.

Itu masih contoh kecil, bagaimana jika kebiasaan duduk user dengan keadaan fisik yang terbatas harus duduk di kursi tinggi? Tentu akan membahayakannya untuk duduk, ketika ingin naik untuk duduk dan terjatuh, atau ketika duduk dan ingin menggapai sesuatu. Atau ketika bentuk kursi kerja dengan kemiringan yang salah akan membuat tulang punggung user akan merasa sakit? Yang dimana seorang pekerja menghabiskan rata-rata waktu mereka bekerja diatas kursi.

Oleh karena itu, ergonomi sangat diperlukan dan diperhatikan keberadaannya pada lingkungan atau produk. Semua itu demi agar kecelakaan atau hal yang tidak diinginkan ini tidak terjadi. Karena dengan menghilangnya kenyamanan dan situasi kondusif pada pekerja, secara tidak langsung menyebabkan penurunan pada kualitas pekerjaan mereka.

Hal ini tentu menjadi bumerang bagi perusahaan-perusahaan atau bagi user itu sendiri dalam melakukan kewajiban mereka. Produk ergonomis memang terkesan simpel, namun dapat menjadi penentu dari hasil pekerjaan yang dilakukan oleh pekerja.

Jadi apakah lingkungan kerjamu sudah menerapkan prinsip Ergonomi?

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA