by

Kemenpora RI Gelar Kegiatan Penguatan Kemahasiswaan, Wabup Patriana Ajak Mahasiswa Aktif di Organisasi

KOPI, Jembrana – Kementerian Pemuda dan Olah Raga RI melalui Deputi Organisasi di Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Pemuda menggelar kegiatan ‘Penguatan Kelembagaan Organisasi Kemahasiswaan Di Kampus Universitas Triatma Mulya, Sabtu (18/09/2021). Kegiatan dibuka Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna, serta dihadiri Mahasiswa Triatma Mulya.

Selain Wabup Patriana Krisna dan mahasiswa Triatma Mulya, kegiatan tersebut turut dihadiri Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Pemuda  Kemenpora RI, Amar Ahmad; Wakil Rektor Universitas Triatma Mulya, Ni Luh Putu Agustini Karta; Perwakilan Forum Kewirausahaan Pemuda Jembrana.

Dalam sambutannya, Wabup Patriana Krisna mengajak Mahasiswa Triatma Mulya untuk aktif berorganisasi. Menurutnya, dalam kehidupan Kampus tidak cukup hanya berkutat dalam pendidikan Akademis saja, tapi pengalaman Organisasi sangat penting dalam dunia kerja nanti.

“Tidak cukup hanya belajar di ruang kuliah, tetapi Organisasi akan memberikan pengalaman mengembangkan diri sekaligus memupuk jaringan. Hal ini terasa di dunia kerja nanti,” ujar Wabup Patriana Krisna kepada awak media.

Lanjutnya, berkaca dari pengalaman, seringkali Mahasiswa yang hanya berkutat di Akademis saja belum tentu sukses berkiprah di dunia kerja. Seringkali yang Non Sarjana jauh lebih berhasil. Ini karena belum pernah bekerjasama dengan orang lain, sehingga tidak responsif akan permasalahan.

“Karena itu harus seimbang. Ikut Organisasi untuk menambah wawasan, kepekaan kita adaptasi akan lingkungan sekitar,” papar Wabup Patriana Krisna.

Sementara itu, Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Pemuda Kemenpora RI, Imam Gunawan mengatakan mahasiswa harus memilih isu penting, peran yang hendak diangkat. Diharapkan tema yang dipilih itu, mampu meningkatkan kontribusi Organisasi dan membangun Indonesia.

Menurut hematnya, salah satu tematik yang relevan diangkat Organisasi adalah entrepreneurship/Kewirausahaan. “Kewirausahaan penting bagi Organisasi Kemahasiswaan. Mereka bisa menggarap value tiap kegiatan, mengasah kreatifitas serta kemampuan inovasi,” tutur Imam Gunawan.

Imam Gunawan menambahkan, apabila terus diasah Mahasiswa akan memiliki keberanian mengambil resiko. Unsur-unsur baik inilah disebutnya bisa didapat dalam berorganisasi, berfokus soal entrepreneurship. “Dalam kesempatan ini saya mau memprovokasi adik-adik Mahasiswa, mudah-mudahan termotivasi terjun ke Organisasi Kemahasiswaan. Coba geluti dan tekuni. Terlebih di Kampus ini sudah ada Mata Kuliah Kewirausahaan, jadi sudah sesuai,” tandasnya.

Kegiatan diakhiri dengan peninjauan ke beberapa titik unit Kewirausahaan yang dikelola anak-anak muda Jembrana. (Humas/AM)

Editor: NJK

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA