by

Jenis Pupuk Mikro di Pasaran yang Banyak Pengguna Cari

KOPI, Jakarta – Penggunaan pupuk merupakan salah satu tindakan perawatan tanaman yang perlu dilakukan. Mengingat betapa pentingnya manfaat yang terkandung, ada beberapa jenis pupuk mikro di pasaran yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Ingat, gunakan pupuknya sesuai anjuran kemasan.

Penggunaan Pupuk Mikro di Pasaran

Pada umumnya, penggunaan pupuk mikro yang ada di pasaran itu sama saja ketika Anda membelinya dari market place / store lain. Apalagi nama merknya sama, tentu saja kualitasnya juga sama saja. Hanya tentukan sesuai dengan kebutuhan, pupuk apa yang cocok untuk tanamannya.

Kemudian, ikuti anjuran cara pakainya yang biasanya ada pada kemasan pupuk. Perlu Anda ketahui, bahwa penggunaan pupuk itu tidak boleh berlebihan dan terlalu sedikit. Jadi, secukupnya saja supaya manfaatnya bisa langsung terserap dengan baik oleh tanamannya. Terlebih lagi unsur hara.

Pupuk mikro ini memiliki kandungan unsur hara mikro yang sangat bermanfaat untuk tanaman. Dengan adanya kandungan tersebut, menjadikan tanaman bisa tumbuh subur dan sehat saat panen. Itulah mengapa penggunaannya semakin marak, apalagi harganya juga sangatlah terjangkau.

Jenis dan Fungsi dari Pupuk Mikro yang Perlu Diketahui

Pada umumnya, pupuk mikro ini sama seperti pupuk lainnya. Dalam rangka menggunakannya, harus sesuai dengan anjuran sebenarnya. Biasanya pada kemasan pupuk akan tertulis anjuran pakai, cukup ikuti saja supaya pemberian pupuknya tidak berlebihan. Jadi, tanaman tetap tumbuh subur.

  • Jenis yang Sesuai Bahannya

Umumnya, pupuk itu terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan bahannya. Sama seperti pupuk mikro ini, kandungannya tentu berbeda dengan makro. Untuk pupuk mikro ini mempunyai kandungan unsur hara mikro yang sangat penting dalam pertumbuhan tanaman. Membuatnya semakin subur.

Biasanya pupuk mikro ini termasuk ke dalam kategori pupuk organik, mengingat bahannya sangat alami dan beda dengan bahan kimia. Bahkan pupuknya terbagi menjadi bentuk padat dan juga cair. Dengan begitu, cara pengaplikasiannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing orang.

  • Sesuai dengan Bentuk Fisik

Sesuai dengan pembahasan sebelumnya, bahwa pupuk mikro ini memiliki jenis bentuk yang berbeda. Pada dasarnya, terbagi menjadi dua bentuk yaitu padat dan juga cair. Namun, kebanyakan dari masyarakat atau pembudidaya tanaman selalu menggunakan pupuk mikro dengan bentuk cairan.

Itu karena proses pengaplikasiannya cukup mudah, setelah meracik langsung akan mereka masukkan ke dalam botol semprotan atau alat semprot lain. Anda bisa menemukan produk unggulan satu ini di website resmi milik PT. Elementa Agro Lestari yang jual pupuk hidroponik berkualitas. Semua produk tani tersedia lengkap di sana.

  • Berdasarkan Unsur Hara di Dalamnya

Perlu Anda ketahui, bahwa setiap jenis pupuk itu memiliki kandungan unsur hara yang berbeda – beda. Itulah mengapa sangat perlu untuk selektif saat memilih produknya, jadi bisa menyesuaikan pupuk dengan kebutuhan tanaman. Sama seperti penggunaan pupuk mikro, baik padat / cair ini.

Unsur hara yang ada di dalam produk pupuk mikro ini, tentu saja mengandung kandungan unsur hara mikro. Menurut informasi lengkapnya, unsur tersebut sangatlah penting untuk pertumbuhan tanaman. Dengan menggunakan pupuk ini, maka hasil yang Anda dapatkan adalah tanaman berbuah bagus.

  • Sesuai Dengan Pengaplikasian

Pada dasarnya, pupuk mikro ini memiliki jenis pengaplikasian yang bisa Anda pilih sendiri. Seperti misalnya saja menyemprotkan pupuk ke bagian daun atau lainnya pada tanaman, menanam pupuk dan masih banyak lagi. Tentu saja cara mengaplikasikannya sudah tersedia dalam kemasan pupuk.

Biasanya akan ada anjuran atau cara pakai dari pengaplikasian pupuk mikro ini. Jadi, sebagai customer yang baik harusnya mengikuti anjurannya. Anda pun juga bisa menggunakan produk pupuk mikro berkualitas tinggi buatan dari pihak perusahaan PT. Elementa Agro Lestari. Produknya asli.

  • Berdasarkan Cara Melepaskan Kandungan Unsur Hara

Pupuk mikro yang memiliki kandungan unsur hara mikro yang sangat penting untuk pertumbuhan tanaman. Cara pengaplikasiannya tidak bisa sembarangan, dari cara pelepasan kandungan hara tersebut. Anda tidak bisa mengaplikasikan pupuk sesuai keinginan sendiri, jadi ada anjuran aslinya.

Cara pelepasan fast release, kandungan unsur hara yang mudah terserap tumbuhan. Anda harus mengaplikasikan pupuknya dengan cara menebarkannya ke media tanam dengan waktu relatif singkat. Jadi, manfaatnya atau kandungan yang ada di dalamnya bisa cepat dirasakan tanaman.

Fungsi Utama Pupuk Mikro

Sama seperti fungsi pupuk pada umumnya, penggunaan pupuk mikro ini juga memberikan manfaat baik untuk pertumbuhan tanaman Anda. Apalagi bagi tanaman pangan, misalnya padi, buah – buahan atau bahkan sayur mayur. Saat panen nanti jika menggunakan pupuk, hasilnya pasti bagus.

Itu karena fungsi pupuk pada umumnya, yaitu sebagai sumber zat hara yang manfaatnya untuk mencukupi kebutuhan dari tanaman yang Anda tanam. Itulah mengapa tumbuhannya bisa tumbuh dengan sehat dan subur. Lalu saat panen nanti, hasil buahnya pasti berkualitas tinggi.

Bagi para petani yang seringkali melakukan aktivitas pertanian hampir setiap hari. Mereka tidak menyadari, bahwa hal tersebut jika dilakukan secara terus menerus justru akan membuat tanahnya kehilangan unsur hara.

Bahkan parahnya, ada sebagian petani yang masih menggunakan pupuk kimia. Meskipun hasilnya cepat terlihat, namun jika dilihat secara seksama akan menyebabkan bahaya pada tanaman padinya. Itulah mengapa sekarang mereka beralih ke pupuk mikro, agar dapat mengembalikan unsur hara.

Seperti itulah beberapa penjelasan secara detail dan lengkap, mengenai fungsi dan jenis pupuk mikro di pasaran. Pada umumnya, produk pupuk mikro yang ada di pasar sama seperti saat Anda membeli di toko lain. Namun, yang membedakan adalah merk dan manfaatnya yang disesuaikan sendiri.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA