by

Jenis Iklan Google Ads yang Perlu Kamu Ketahui

KOPI, Nganjuk –  Beriklan di Google sebagai salah satu taktik pemasaran yang perlu Anda coba. Kenapa? Karena, peluang iklan Anda disaksikan oleh banyak orang menjadi lebih besar. Menariknya lagi, ada banyak jenis iklan Google Ads yang dapat Anda tentukan yaitu:

  1. Google Adwords (Google Ads)
  2. Google Display Network
  3. Google Shopping
  4. YouTube Ads
  5. Google AdMob

Masing-masing jenis iklan sudah dibuat untuk tujuan usaha tertentu. Misalkan untuk tingkatkan pemasaran (sales), web trafik, leads, product and brand consideration, app promotion, dan brand awareness. Anda juga bisa menggunakan jasa iklan google, untuk lebih mudah dalam mengiklankan bisnis anda.

Jenis Iklan Google Ads

Nah, bagaimanakah cara menggunakan iklan itu? Tidak perlu kebingungan, kami punyai panduan masing-masing jenis iklan Google Ads. Langsung baca uraiannya berikut!

Google AdWords (Google Ads)

Google Ads sebagai layanan iklan berbayar yang ditampilkan di halaman hasil penelusuran Google. Dengan taktik search network campaign, iklan Anda akan ada sesuai penelusuran dengan keyword yang relevan dengan usaha Anda.

Ada banyak keunggulan memakai jenis iklan ini. Pertama, iklan dapat disaksikan oleh banyak orang. Ke-2 , Anda dapat tentukan target audiens lebih spesifik.

Jika tujuan iklan Anda untuk tingkatkan pemasaran, traffic web, dan leads, jenis iklan Google Ads ini dapat Anda gunakan. Apa lagi, cara memakai Google Ads juga cukup mudah lho.

Google Display Network (GDN)

Google Display Network (GDN) sebagai jenis iklan berbentuk teks atau gambar yang diperlihatkan di web, aplikasi, dan mobile games.

Jenis iklan Google ads ini bisa tingkatkan brand awareness usaha Anda. Alasannya, GDN sanggup mencapai 90% pengguna internet. Disamping itu, peluang iklan Anda di-click semakin besar. Karena, tampilan visual makin menarik audience dibanding sekadar teks.

Ada banyak tips saat berpromosi dengan GDN. Pertama, buat visual iklan supaya menarik. Ke-2 , pakai berbagai pola iklan yang ada. Pastikan Anda mengaplikasikannya secara tepat supaya keuntungan bisnis Anda bertambah. Tenang, cara melakukan lumayan gampang, kok

Google Shopping

Google Shopping ialah layanan iklan Google dalam daftar yang tampilkan info produk lebih detail. Artinya, tidak cuma tampilkan gambar dan nama produk, tapi juga harga dan link toko online-nya.

Dengan iklan Google Ads ini, transaksi penjualan dapat mudah dilaksanakan. Tak heran, Google Shopping cukup baik dalam meningkatkan conversion rate Anda. Menariknya kembali, Anda pun bebas atur budget sama sesuai keperluan.

Nah, untuk memakai Google Shopping, ada beberapa tingkatan yang perlu dilakukan. Diawali dengan membuat akun dan lakukan beberapa pengaturan khusus sama sesuai kebutuhan Anda.

YouTube Ads

Google tidak hanya sediakan iklan berformat gambar dan text. Ada pula iklan dengan format video untuk YouTube. Berpromosi di YouTube sangat memberikan keuntungan karena jumlah penggunanya sebagai yang paling banyak di Indonesia.

YouTube Ads mempunyai beberapa tipe iklan yang dapat Anda pilih. Ada Skippable in-Stream Ads yang dapat diskip, Discovery Ads yang akan ada di halaman hasil pencarian sampai Non-video Ads yang formatnya dapat berbentuk text atau gambar.

YouTube ads pas untuk beragam tujuan. Dimulai dari tingkatkan merek awareness, product consideration, trafik web, sampai leads.

Cara membuat YouTube ads juga mudah seperti jenis iklan Google ads lain. Disamping itu, ada beragam optimasi yang dapat Anda pakai secara efektif.

Google AdMob

AdMob merupakan singkatan dari advertising on mobile. Jenis iklan Google ads ini bisa menolong Anda mempromokan produk melalui aplikasi seluler. Dengan Google AdMob, spanduk iklan Anda akan ada di aplikasi seluler yang dipakai pengguna.

Google AdMob memiliki sifat multiplatform. Artinya, memberikan dukungan beragam sistem seperti Android, WebOS, iOS, dan Windows Phone.

Salah satu fitur penting Google AdMob ialah Open Bidding. Anda bisa lakukan penawaran harga klik iklan secara mudah .  Jadi, Anda dapat memperoleh harga yang sama sesuai budget Anda.

Untuk memakai Google AdMob, perlu cara teknis dibandingkan jenis iklan yang lain. Tetapi, selama mengikuti tutorial, Anda bisa melakukan secara mudah.

Jenis Iklan Google Ads  mana yang Anda Pilih?

Google mempunyai layanan iklan sama sesuai fungsi dan lokasi di mana iklan ditayangkan. Ada banyak jenis iklan Google Ads yang dapat dipakai untuk mendukung usaha promosi produk Anda.

Model iklan Google Ads juga tawarkan berbagai format sesuai tujuan Anda. Dimulai dari sekedar membuat brand awareness sampai tingkatkan penjualan. Apa saja bisnis Anda, Google ads tawarkan jenis iklan sama sesuai anggaran yang ada.

Secara singkat, banyak keringanan yang ditawarkan Google Ads sebagai usaha promosi secara mudah.

Jadi tunggu apalagi? Siap berpromosi di Google? Tentukan dulu jenis iklan Google ads yang terbaik untuk keberhasilan bisnis Anda. Semoga sukses.

Penutup

Demikian artikel tadi tentang Jenis iklan google ads yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca. Jika ada kesalahan mohon maaf,terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA