by

FGD Nias Barat, Bupati Khenoki Waruwu: Pentingnya Kebudayaan dalam Membangun Karakter Masyarakat

KOPI, Nias Barat – Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu bersama Sekda Prof. Dr. Fakhili Gulo membuka secara resmi kegiatan Focus Group Discussion (FGD) penyusunan pokok pikiran kebudayaan Daerah Nias Barat yang dilaksanakan di Tokosa Hall Onolimbu, Senin (13/09/21). Narasumber dalam FGD tersebut adalah Dirjen Kemendikbud Ristek RI, Yeni Lasmawati yang membahas program prioritas penerapan budaya dalam masyarakat.

Dalam arahannya, Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, menyampaikan bahwa kebudayaan dan masyarakat merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, manusia tidak dapat hidup tanpa budaya dan budaya ada karena manusia.

Menurutnya, budaya berperan sebagai pembimbing kehidupan, penghidupan manusia dan petunjuk berperilaku dalam kehidupan sehari-hari. Pada era globalisasi ini, budaya diharapkan dapat secara optimal membangun karakter warga, sehingga tindakan masyarakat yang berakibat pada menurunnya sopan santun, menurunnya kejujuran, menurunnya rasa kebersamaan bisa teratasi.

“Harapan saya melalui forum diskusi ini dapat terumuskan pokok pikiran kebudayaan Nias Barat sebagai pedoman moral, terlebih generasi milenial yang rawan kehilangan jati diri pada era digital,” ujarnya.

Sementara itu, Yeni Lasmawati dalam FGD tersebut membahas Program Prioritas Direktorat Jenderal Kebudayaan tentang Pemajuan Kebudayaan, Desa Budaya, Pengenalan Aplikasi PPKD (APIK 2), Alur PPKD dan Kondisi Terkini PPKD Provinsi Sumatera Utara dan PPKD Nias Barat.

Setelah selesai makan siang, dilanjutkan berdiskusi tentang Selayang Pandang Kebudayaan Nias Barat dengan narasumber Serius Zebua, M.Pd.Kons., selaku Dosen Universitas Budidarma dengan materi diskusi latar belakang budaya, corak utama, pemajuan kebudayaan yaitu Manuskrip, Tradisi Lisan, Adat Istiadat, Pengetahuan/Teknologi Tradisional, Seni Sastra/Senitari/Bahasa/Olahraga Tradisional dan ditutup dengan Cagar Budaya Batu Megalit/Rumah Adat dan Tugu.

Acara ini turut dihadiri Serius Zebua, M.Pd.Kons, Dosen Universitas Budidarma Konsentrasi dan Budaya Dasar; Staf Ahli, Asisten dan Pimpinan OPD Nias Barat; Ketua Lembaga Budaya Nias Barat (LBNB) Drs. Sayambowo Hia; Bendahara Umum IKKBL; Camat se-Kabupaten Nias Barat; Unsur Forkopimca di wilayah Nias Barat; Tokoh Budaya, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat; dan Pemerhati Budaya Nias Barat, Kadis, Kabid Dinas Pariwisata dan Budaya Nias Barat; serta undangan lainnya. (JM-PPWI)

Editor: NJK