by

Ergonomi untuk Masa Depan Anak

KOPI, Jakarta – Apa sih yang teman-teman perhatikan saat membeli furniture untuk anak? Apakah warnanya? Atau keestetikannya? Bentuknya? Kenyamannya? Apakah teman-teman juga memperhatikan keergonomisan dari furniture yang akan teman-teman beli?

Sebenarnya, keergonomisan suatu furniture sangatlah penting. Terlebih untuk anak kita. Karena dapat menjaga kesehatan dan keamanan anak kita dan untuk masa depan mereka. Menjaga kesehatan anak dengan ergonomi merupakan suatu investasi. Investasi yang mana akan menciptakan masa depan yang cerah bagi anak.

Ergonomi adalah ilmu tentang hubungan antara produk dengan pengguna berkaitan dengan postur tubuh. Semakin ergonomis suatu produk, maka akan semakin nyaman digunakan dan tidak cepat lelah. Dengan menerapkan ergonomi pada produk anak, anak-anak akan merasa nyaman saat berinteraksi dengan produk tersebut. Jika anak-anak merasa nyaman, maka anak-anak akan lebih produktif dan tidak cepat lelah. Misalnya, saat sedang belajar menggunakan meja belajar, maupun meja lipat yang biasa digunakan untuk menggambar. Atau saat menggunakan kursi.

Jika menggunakan meja belajar yang tidak ergnomis, maka anak kita akan cepat merasa lelah. Mereka akan lebih banyak bergerak untuk menyesuaikan posisi yang nyaman bagi mereka. Hal tersebut dapat memecah fokus anak dan ilmu yang mereka pelajari tidak terserap dengan maksimal. Jika tidak maksimal, maka akan mempengaruhi nilai anak di sekolah. Jika nilai si anak jelek, kemungkinan akan dimarahi oleh orangtua. Padahal, mungkin nilai mereka jelek susah berkonsentrasi.

Membeli furniture anak yang ergonomis memiliki banyak keuntungan. Salah satunya adalah anak-anak dapat belajar dengan maksimal dan tidak cepat lelah. Selain itu, keamanan anak akan terjamin karena produk yang ergonomis sudah teruji dan terukur dengan data-data yang valid.

Furniture anak yang ergonomis juga akan menjaga postur tubuh anak tetap pada posisi yang benar. Sehingga di masa depan, anak-anak kita akan tetap sehat dan postur tubuh terjaga. Dan juga teman-teman tidak perlu terapi chiropractic untuk memperbaiki postur tubuh. Sehingga uang untuk terapi dapat digunakan untuk keperluan yang lebih penting.

Gimana? Apakah teman-teman sudah mengerti betapa pentingnya ergonomi pada furniture yang kita dan anak kita gunakan? Jadi, membeli furniture yang ergonomis adalah sebuah investasi bagi masa depan, terlebih untuk anak-anak kita. Soal harga hanyalah hal kecil dibandingkan dengan masa depan kita dan anak kita. Dan, produktivitas anak akan jauh lebih meningkat dengan menggunakan furniture yang ergonomis.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA