by

Dapur yang Aman dan Nyaman Sesuai dengan Ergonomi

KOPI, Jakarta – Dapur yang aman dan nyaman sesuai dengan ergonomi perlu kita perhatikan karena dapur merupakan poin penting dalam sebuah rumah yang masuk kedalam kelompok fungsi sebagai ruang service. Dapur  merupakan ruangan yang bisa dibilang paling sibuk karena kegiatan di dapur dilakukan sejak pagi hari hingga sore hari.  

Kegiatan memasak merupakan kegiatan yang dilakukan secara rutin setiap hari. Memasak diperkirakan memakan waktu cukup lama. Oleh karena itu, harus dibuat se-nyaman mungkin sesuai dengan standar ergonomi. 

Dapur dan Ergonomi 

Dapur yang ergonomi menciptakan kenyamanan dan efisiensi area kerja. Setiap dapur mempunyai keunikan yang berbeda. Dapur yang ergonomis bisa menjadi lebih fungsional, efisien, nyaman dan menyenangkan. Kenyamanan kerja di dapur sangat dipengaruhi oleh luas ruang, ventilasi udara dan yang paling berpengaruh adalah furnitur dapur karena berpengaruh pada ruang gerak, dimensi dan tata letak furnitur.

selain itu, Ketidak sesuaian furnitur dan peralatan yang kurang cocok dengan kaidah ergonomi membuat suasana ruang dapur menjadi tidak nyaman bagi pengguna dapur sehingga mengakibatkan tubuh merasa lelah dan pegal yang dapat mengganggu kesehatan. 

Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan perbaikan yaitu dengan menyeseuaikan tinggi meja dapur dengan meninggikan sesuai dengan ukuran antropometri agar tubuh tidak merasa lelah dan pegal 

Aspek Ergonomi di Dapur 

Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam membuat dapur yang ergonomi loh… 

Yang pertama yaitu kenyamanan aspek ini berkaitan dengan pencahayaan yang cukup dan sirkulasi udara yang baik. Selain itu kenyamanan membuat pengguna dapur bisa meingkatkan mood yang baik 

Yang kedua yaitu memperhatikan tinggi meja atau lemari penyimpanan. Meja yang terlalu tinggi membuat pengguna dapur menjadi tidak nyaman sehingga semakin lama akan terasa pegal.

Yang ketiga yaitu keamanan sebisa mungkin dapur harus dibuat aman dan nyaman. Contohnya seperti ujung meja dibuat tumpul agar tidak terbentur yang menyebabkan luka 

Yang keempat yaitu produktivitas dan efesiensi kerja, berkaitan dengan penempatan peralatan masak dan pemilihan desain dapur.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA