by

Cara Mengatur Sirkulasi Udara Ruang Dapur Anti Pengap

KOPI, Jakarta – Sirkulasi udara ruang dapur merupakan salah satu faktor utama yang menentukan kenyamanan di ruang dapur.  Hal ini dikarenakan memasak mengeluarkan asap sehingga sering sekali dapur terasa lebih panas dan pengap. 

Oleh karena itu dapur harus dibuat senyaman mungkin untuk penggunanya. Dapur merupakan ruangan yang menjadi tempat beraktivitas ibu rumah tangga dalam menyiapkan dan menyediakan makanan untuk suami dan anaknya. Bagaimana nih, apakah dapur bunda sudah nyaman?

Dapur tempat untuk menyiapkan semua bahan makanan, maka tidak heran lagi jika dapur ber-aroma yang beraneka macam. Dapur bisa menjadi tempat yang lembab dan kotor jika dapur tidak memiliki sirkulasi  udara dan cahaya ruang yang baik. Maka untuk menciptakan dapur yang sehat dan nyaman, bunda bisa memperhatikan hal – hal berikut ini. Yuk kepoin!

Pencahayaan di Dapur

Pencahayaan termasuk hal yang penting untuk penerangan didapur, maka dari itu cahaya di dapur harus sangat diperhatikan. Cahaya dapat diperoleh dari 2 sumber yaitu cahaya matahari dan cahaya lampu. Yuk bunda! pertama kita bahas cahaya matahari..

  • Cahaya matahari 

Cahaya matahari sangat bermanfaat untuk membunuh penyakit. Peneliti dari University of Oregon menganalisis ruangan ketika terkena sinar matahari. Hasil penelitian membuktikan bahwa ruangan (kamar) yang terkena sinar matahari memiliki lebih sedikit kuman daripada ruangan yang gelap. Oleh karena, itu sebisa mungkin dalam pembuatan dapur memperhatikan jumlah dan besarnya jendela agar ruangan bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup.

  • Cahaya lampu 

Cahaya lampu dapat digunakan sebagai cahaya pengganti. Lampu bisa memberikan kesan elegan untuk dapur rumah bunda loh.. Tetapi, lampu yang ideal untuk dapur adalah lampu dengan cahaya sedang.

Sirkulasi Udara yang Baik Pada Dapur

Sirkulasi udara sangat penting ya bunda.. Karena, pada proses memasak menghasilkan asap dari masakan yang sering sekali ruang dapur terasa pengap dan panas jika pertukaran udaranya tidak baik. Oleh sebab itu, penggunaan ventilasi menjadi solusi yang tepat. Selain itu pemasangan jendela di dapur juga dapat meningkatkan sirkulasi udara di dalam dapur sehingga dapur menjadi lebih sejuk dan nyaman.

Selain sirkulasi udara didalam dapur menggunakan ventilasi dan jendela, bunda juga bisa menggunakan exhaust hood. Fungsinya untuk meminimalisir tumpukan uap yang dihasilkan pada saat memasak, penggunaan exhaust hood membantu mengurangi lembab di dapur. Oleh sebab itu, bunda harus meminimalisir tumpukan uap menggunakan exhaust hood untuk area kitchen set

Menjaga Kebersihan Dapur

Kebersihan dapur yang paling utama karena dapur merupakan penghasil limbah rumah tangga terbesar di rumah. Sampah yang menumpuk akibat sisa bahan masakan harus segera dibuang setiap hari agar tidak menimbulkan penyakit dan bau tidak sedap.  maka bunda harus menjaga kebersihan dapur.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA