by

Bupati dan Wabup Jembrana Ikuti Diklat Kepemimpinan Kemendagri 

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana, I Nengah Tamba dan Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna, mengikuti pembekalan kepemimpinan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang diikuti oleh, Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota non petahana tahun 2021, secara virtual dari Rumah Jabatan Bupati Jembrana, Rabu (1/09/2021). Acara pelatihan tersebut, selama 3 hari dilaksanakan dimulai dari tanggal 31 Agustus s/d 2 September 2021.

Dengan diikuti 214 Peserta, yang merupakan kepala daerah se- Indonesia dibagi menjadi 4 sesi. Acara virtual tatap maya dihari pertama yang berlangsung dari hari selasa sampai dengan hari kamis besok.

Materi hari pertama adalah tentang Kewaspadaan Nasional, dan Penanganan Covid- 19 oleh Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto; selanjutnya tentang materi Strategi Penanganan Pandemi oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin; berikut, tentang materi Kebijakan Pemulihan Ekonomi dampak Covid-19, oleh Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto; dan terakhir tentang materi Kewirausahaan, oleh Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki. 

Pada hari kedua Rabu (1/09/2021), tentang materi Kebijakan Perencanaan Pembangunan Nasional, oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Dr. (H.C.) H. Suharso Monoarfa; selanjutnya materi UU No.11/2020 tentang Cipta Kerja: Peningkatan Ekosistem Investasi dan Kegiatan Berusaha oleh Staf Ahli, Bidang Pengembangan Produktivitas dan Daya Saing Ekonomi, oleh Lestari Indah; dan materi selanjutnya tentang Sinergi Pengelolaan Keuangan Negara dan Keuangan Daerah dimasa Pandemi Covid-19 oleh Dirjen Pengembangan Keuangan, oleh Astera Primanto Bhakti; dan materi berikut; tentang Kebijakan Penguatan Ketahanan Pangan Rakyat, oleh H. Syahrul Yasin Limpo; dan hari terakhir tentang materi terkait Pencegahan dan Penanganan Pandemi Covid-19, oleh Kepala BNPB, Doni Monardo; dan yang terakhir materi tentang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif oleh (Menparekraf), Sandiaga Uno.

Usai mengikuti kegiatan Diklat, Bupati Tamba dan Wakil Bupati Patriana Krisna, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas dilaksanakannya pelatihan dan pembekalan tersebut. “Acara ini luar biasa, saya sangat mengapresiasi. Kita bisa mendapat ilmu dari berbagai narasumber yang memberikan materi begitu luas dan menginspirasi kepala daerah bagaimana memajukan daerahnya,” ujar Bupati Tamba. 

Bupati Tamba mengaku banyak ilmu yang didapat dan bermanfaat untuk kemajuan Kabupaten Jembrana. Dengan kegiatan ini, juga bisa membuka wawasan serta silaturahmi dan saling tukar pikiran, khususnya tentang penyelenggaraan pemerintahan yang baik. “Baik dari sisi sistem penyelenggaraan pemerintah, kemudian peningkatan kapasitas pengetahuan perundangan-undangan, dan tata kelola keuangan yang baik dan benar,” terang Bupati Tamba. 

Lebih lanjut, pihaknya berharap kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif/signifikan terkait pengetahuan, sikap dan keterampilan para Kepala Daerah agar lebih produktif dalam bekerja, lebih inovatif dalam menciptakan rencana kerja dan anggaran serta lebih responsif dalam menyesuaikan realitas kerja yang sangat dinamis. “Serta juga diharapkan membangun sinergitas hubungan antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah,” harapnya. (Humas/AM)

Editor: NJK

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA