by

Aplikasi MOXA, Satu untuk Semua Fungsi Keuangan Konsumen Astra

KOPI, Jakarta– Di era digital seperti sekarang, sebagian besar masyarakat menginginkan transaksi keuangan dilakukan secara digital. Setidaknya hal ini bisa terlihat dari berbagai transaksi yang sudah tidak lagi menggunakan cara-cara konvensional. Naik transportasi cukup pindai kartu atau menggunakan pembayaran uang elektronik. Begitu juga dalam urusan transaksi perbankan, banyak masyarakat yang saat ini tidak mau lagi ribet. Tidak perlu datang ke bank. Cukup menggunakan perangkat gadget. Inilah yang disebut dengan digital lifestyle, yaitu gaya hidup serba digital yang sangat sarat dengan teknologi informasi, dan cara ini pula yang banyak digemari anak-anak muda.

Yang menarik ternyata jumlah penduduk Indonesia didominasi oleh usia muda, hal ini dikutip dari Hasil Sensus Penduduk 2020, jumlah generasi Z mencapai 75,49 juta jiwa atau setara dengan 27,94 persen dari total seluruh populasi penduduk di Indonesia.  Sementara itu, jumlah penduduk paling dominan kedua berasal dari generasi milenial sebanyak 69,38 juta jiwa penduduk atau sebesar 25,87 persen.

Generasi Z sendiri merujuk pada penduduk yang lahir di periode kurun waktu tahun 1997-2012 atau berusia antara 8 sampai 23 tahun. Sementara generasi milenial adalah mereka yang lahir pada kurun waktu 1981-1996 atau berusia antara 24 sampai 39 tahun. Kemudian, disusul, generasi X atau mereka yang lahir antara 1965-1980 dengan populasi sebanyak 21,88 persen. Sementara jumlah generasi Baby Boomer mencapai 11,56 persen, generasi Pre-Boomer atau lahir sebelum 1945, mencapai 1,87 persen. Sedangkan, generasi Post-Gen Z atau lahir setelah 2013 mencapai 10,88 persen. Secara umum jumlah penduduk di Indonesia hingga September 2020 sebanyak 270,2 juta jiwa.

Menjawab Kebutuhan Konsumen sesuai Selera Mereka

Data yang menunjukkan penduduk Indonesia didominasi oleh kalangan muda sudah semestinya menjadi rujukan dan referensi dalam melahirkan produk yang sesuai dengan selera dan kebutuhan mereka. Riset yang dilakukan oleh lembaga Alvara Research Center beberapa waktu yang lalu menunjukkan generasi milenial menyimpan potensi besar untuk bisnis. Pada 2020, generasi milenial akan mendominasi populasi di Indonesia dengan porsi sekitar 34 persen, diikuti 20 persen generasi X, dan 13 persen generasi baby boomers (kelahiran 1946 hingga 1964).

Perilaku pertama, generasi milenial di Indonesia sangat kecanduan internet. Dalam sehari rata-rata generasi milenial bisa menggunakan internet dengan durasi lebih dari tujuh jam dengan rentang usia tertentu. Kedua, loyalitas generasi milenial tergolong rendah. Saat ada produk yang lebih bagus, generasi milenial dengan mudah akan berpaling.

Ketiga, mayoritas milenial lebih memilih melakukan transaksi non-tunai dengan porsi 59 persen. Pilihan inilah yang membuat milenial memiliki dompet ‘tipis’, namun bukan berarti mereka tidak memiliki uang. Perilaku keempat yakni generasi milenial bisa bekerja dengan lebih cepat dan cerdas lantaran didukung oleh keberadaan teknologi. Perkembangan teknologi juga mendorong milenial memiliki kemampuan multi-tasking. Perilaku ini membuat milenial terbiasa melakukan dua hingga tiga pekerjaan sekaligus, dan perilaku kelima yakni generasi milenial memiliki perilaku yang senang berwisata dan suka berbagi (peduli) sesama.

MOXA Super App, Inovasi dalam Menjawab Kebutuhan Konsumen

Sesuai dengan dengan penjelaskan sebelumnya menunjukkan bahwa generasi muda, adalah generasi yang memiliki kebutuah atas semua produk yang memiliki karakteristik cepat, mudah, hemat waktu, tidak ribet, dan bisa dipakai atau digunakan kapan saja termasuk kebutuhan dalam bidang jasa keuangan. Terkait dengan jasa keuangan di Indonesia persaingan semakin ketat, untuk itu dibutuhkan terobosan-terobosan yang unik dan juga efisien agar dapat terus bersaing. Seperti yang dilakukan Astra Financial (PT Sedaya Multi Investama), yang merupakan anak perusahaan di bidang jasa keuangan PT Astra International Tbk, menghadirkan sebuah aplikasi berbasis mobile terbaru bernama MOXA sebagai inovasi dalam menjawab kebutuhan konsumen yang semakin dinamis sekaligus mempercepat transformasi digital dan pengembangan ekosistem jasa keuangan di Indonesia.

Aplikasi MOXA merupakan aplikasi finansial lengkap yang dapat membantu pengguna mencari berbagai macam layanan keuangan, mulai dari pembiayaan kegiatan keagamaan seperti umrah dan haji, pinjaman multiguna seperti dana tunai, asuransi jiwa dan kendaraan serta pembelian kendaraan. Untuk memperkuat keamanan data konsumen, Astra Financial melakukan kolaborasi dengan Alibaba Cloud. Alibaba Cloud sendiri memiliki 24 pusat data regional secara global, termasuk China North, China South, China East, AS West, AS East, Eropa, Inggris, Timur Tengah, Jepang, Hong Kong, Singapura, Australia, Malaysia, India, dan juga Indonesia.

Aplikasi MOXA berperan sebagai Astra Financial Wealth Hub seluruh layanan/produk yang dimiliki Astra Financial hal ini dikuatkan dengan tagline “Your Life’s Financial Companion”, Aplikasi MOXA memiliki sejumlah fitur unggulan seperti conversational chat yang membantu pengguna memilih produk sampai melakukan transaksi dengan bantuan asisten, wishlist, share (social engagement), kalkulator simulasi (pengajuan kredit) guna memudahkan dalam penghitungan estimasi cicilan, hingga pengecekan status pengajuan produk pinjaman multiguna.

Ada sekitar tujuh brand perusahaan afiliasi Astra Financial yang tergabung di dalam MOXA App, seperti ; Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Finance (TAF), FIFGROUP, Astra Life, Asuransi Astra, Surya Artha Nusantara Finance (SANF), MauCash. Melalui aplikasi MOXA, pelanggan kini tidak perlu lagi berpindah-pindah aplikasi. Karena, MOXA sudah menyediakan layanan satu pintu yang pengoperasiannya juga mudah dan ‘user friendly’. Cukup melalui aplikasi MOXA, segala kebutuhan pengguna dalam mencari berbagai layanan keuangan menjadi lebih mudah dan juga hemat waktu. Semoga.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA