by

Aliran Aktivitas Dapur yang Baik

KOPI, Jakarta – Dapur merupakan bagian rumah yang umumnya hampir setiap hari digunakan oleh Ibu untuk menyiapkan makanan bagi anggota keluarga lain. Kalau ngomong soal prinsip umum dapur yang baik, hal itu sangat relatif.

Setiap keluarga memiliki kebiasaan memasak sendiri-sendiri. Dapur keluarga yang sering membuat roti, kue dan, aneka desert akan berbeda dengan dapur keluarga yang hanya sekedar memasak lauk untuk makan sehari-hari. Secara ruang, mungkin keluarga yang dapat membuat roti dan kue memiliki ruang lebih luas. Sehingga ruang mereka masih cukup jika ditambahi peralatan pembuat kue seperti mixer, oven dan lain sebagainya.

Tahapan Umum Memasak

Namun jika secara umum, tahapan memasak dibagi menjadi 4 tahap. Tahapan utama tersebut antara lain, Mempersiapkan bahan-bahan, kemudian mencuci bahan-bahan tesebut, lalu memotong bahan, dan terakhir mulai memasak. Tahapan tersebut dapat menjadi acuan kita dalam menata perabotan di dapur inti. seperti kulkas, area penyimpanan, area cuci, dan kompor agar efisien dan nyaman saat digunakan.

Penempatan Perabot di Area Dapur

Jika disesuaikan dengan urutan tahapan tersebut, maka urutan perabot menjadi kulkas/storage, area cuci, dan kompor. Bahkan akan lebih ideal apa bila disetiap bagian perabot diselingi dengan area persiapan. Sehingga pada setiap tahap ada ruang atau area untuk mempersiapkan bahan.

Contoh kegiatannya seperti mengambil bahan masakan, lalu dicuci, setelah mencuci bahan mungkin ada bagian yang perlu dikupas atau dipotong, setelah itu baru di masak. Area persiapan memang sangat optional, bisa perlu kadang juga tidak. Namun, jika anda memiliki ruang lebih di dapur, anda dapat menambahkan area persiapan di setiap bagian perabot inti. Hal ini akan membuat sirkulasi di dapur lebih efisien dan ideal.

Peletakan perabotan sendiri tidak ada aturan yang wajib. Namun, karena jarang orang yang mengalami kidal, secara generik sebaiknya urutan perabot-perabot tersebut dimulai dari kiri dan bergerak ke kanan. Jika dapur ada berbentuk letter U secara generik sirkulasi pergerakan yang baik sebaiknya mengikuti arah jarum jam yaitu berputar ke kanan.

Sekian yang dapat saya bagikan tentang sirkulasi pergerakan di  dapur yang baik.  Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA