by

Aksi Cepat Tanggap Purworejo Gelar Vaksinasi dengan Layanan Makan Gratis dari Humanity Food Truck

KOPI, Purworejo – Kolaborasi dengan Kodim 0708/ Purworejo, Pemerintah Kabupaten Purworejo, Dinas Kesehatan Purworejo dan SMA Negeri 7 Puworejo, Humanity FoodTruck Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggelar vaksinasi dengan layanan makan gratis, di halaman SMA Negeri 7 Purworejo, Sabtu (18/9/2021). Kepala Sekolah SMA Negeri 7 Purworejo Niken Wahyuni mengatakan agenda vaksinasi adalah untuk persiapan kegiatan belajar tatap muka.

“Vaksinasi pelajar untuk persiapan kegiatan belajar tatap muka, dimana selain prokes SMA Negeri 7 sendiri melakukan vaksinasi untuk seluruh warga sekolah agar terjadi ada herd immunity (kekebalan komunal) baik guru, karyawan dan seluruh siswanya,” katanya.

Kolaborasi antar instansi ini, SMA Negeri 7 menggandeng semua pemangku kepentingan dengan misi yang sama, misalnya dengan Dandim/ 0708 Purworejo yaitu ikut berpartisipasi dalam mengatasi masalah- masalah sosial. “Sebelumnya SMA Negeri 7 juga sudah mengadakan acara aksi sosial dalam rangka lustrum yang ke-6 dengan memberikan bantuan bahan makanan pokok untuk masyarakat Purworejo yang berhak mendapatkan serta para siswa yang memang perlu untuk dibantu,” lanjutnya.

Niken Wahyuni berharap dengan adanya vaksinasi pelajar ini diharapkan semua siswa sehat dan bisa mempersiapkan generasi yang cerdas untuk kedepannya. “Dan yang pasti agar segera dilakukan pembelajaran tatap muka di sekolah, walaupun instruksi dari Gubernur Jawa Tengah sendiri bahwa pembelajaran tatap muka belum bisa dibuka sekaligus tetapi harus dilakukan secara bertahap,” terangnya.

Orang tua siswa diharapkan bisa mendukung dan memberikan fasilitas yang baik kepada putra putrinya terutama dalam masalah kesehatan terutama di rumah karena peran orang tua dari rumah bisa berdampak  baik secara psikologis kepada anak-anaknya.

Branch  Manager ACT Purworejo Onny Leo Chandra Anggara mengatakan kalau ACT sendiri selama ini berkolaborasi bersama TNI tergantung dari program TNI di kabupaten masing masing. “ACT berharap bisa berkeliling di seluruh Jawa Tengah dengan menghadirkan layanan yang lebih baik dan bisa memberikan makan gratis di mana makanan yang disediakan oleh FoodTruck itu setara dengan makanan hotel bintang lima, dimana chef dari FoodTruck sudah berpengalaman di hotel sehingga ACT bisa memberikan yang lebih baik untuk masyarakat yang membutuhkan,” terangnya.

Saat ini ACT berkolaborasi bersama TNI dan SMA Negeri 7 Purworejo mengadakan vaksinasi  dan membagikan makanan gratis sebanyak 500 porsi untuk para peserta vaksin. “ACT juga membagikan beras, dimana sejak bulan Mei ACT sudah membagikan 6 ton beras dan masih ada stok. Sekiranya ada masyarakat yang membutuhkan bisa menghubungi nomer telepon ACT Purworejo atau datang langsung ke kantor,” jelasnya.

Komandan Kodim 0708/Purworejo Lukman Hakim mengatakan pengamanan di wilayah yang cukup luas sehingga diatur antara tugas pengamanan, tugas tenaga protokol kesehatan, tugas vaksin dan tugas lainnya di masa pandemi ini.

“Tidak sedikit kendala di mana masyarakat Purworejo sangat heterogen baik dari tingkat pendidikan dan tingkat kesejahteraan sehingga harus dituntut ketelitian dalam memberikan pencerahan atau  sosialisasi khususnya menghadapi situasi saat ini,” katanya.

Dandim 0708/ Purworejo juga mengatakan agar program seperti ini agar sekolah segera bia segera lakukan pembelajaran tatap muka. “Dengan diadakannya acara vaksinasi dan layanan makan gratis humanity FoodTruck ini supaya setiap sekolah segera mengadakan pembelajaran tatap muka dengan tetap menerapkan dan mematuhi prokes 5M dan 3T,” jelan Dandim.