by

3 Tips Pencahayaan Ruang Kerja yang Produktif

KOPI, Jakarta – Ruang kerja atau area kerja menjadi ruang yang sering digunakan akhir – akhir ini, apalagi dalam kondisi work from home. Kondisi yang memaksa kita tetap produktif bekerja meskipun berada di rumah demi menjaga diri dan keluarga dari bahaya COVID-19. Tapi, apakah kamu pernah merasakan suasana yang tidak produktif di ruang kerja kamu? Bisa jadi ruang yang tidak ergonomis menjadi penyebabnya. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan standar ergonomi ruang.

Apa itu ergonomi ruang? Ergonomi ruang adalah standar yang digunakan untuk menciptakan suasana yang nyaman agar kamu bisa tetap produktif dalam pekerjaanmu. Ergonomi ruang meliputi suara, suhu, dan pencahayaan. Di artikel ini akan dibahas mengenai aspek pencahayaan terlebih dahulu, ya!

Yuk, coba lihat di ruang atau area kerjamu saat ini! Apakah ruang kerjamu memiliki pencahayaan yang kurang, cukup, atau bahkan silau? Apakah letak mejamu langsung menghadap jendela atau membelakangi jendela? Gimana sih, cara yang baik untuk menciptakan pencahayaan ruang kerja yang bisa menunjang produktivitasmu? Simak tips berikut, ya!

Peletakan Meja

Meja merupakan komponen esensial yang bisa menunjang kenyamanan penggunanya saat bekerja. Meja yang sesuai rasanya masih kurang jika peletakannya tidak sesuai, karena bisa menyebabkan produktivitas penggunanya turun karena aspek lainnya. Salah satu aspeknya, yaitu pencahayaan yang tidak sesuai. Contohnya peletakan meja yang langsung menghadap ke jendela, hal ini menyebabkan pengguna menjadi merasa panas dan silau apalagi jika jendela menghadap ke arah terbit atau tenggelamnya matahari.

Hal ini juga berlaku jika posisi mejamu membelakangi jendela, karena sinar matahari akan langsung mengarah ke bagian belakang tubuhmu. Selain itu, jika kamu bekerja menggunakan layar, maka layarmu akan terpantul cahaya matahari sehingga kamu pun merasa tidak nyaman.

Maka, letakkan meja di samping jendela agar cahaya tidak langsung mengarah ke area kerjamu, ya! Agar ruang kerjamu bisa memiliki sumber cahaya alami yang tidak mengganggu produktivitasmu.

Penggunaan Lampu Ruang dan Meja

Lampu utama pada suatu ruang adalah hal penting yang harus ada di area kerja. Mengapa? tentu saja untuk digunakan untuk menerangi seisi kamar guna menghindari kecelakaan seperti tersandung atau jatuh karena ruangan yang gelap. Pilihlah lampu yang memiliki 400 lumen untuk menerangi seisi ruanganmu agar lebih nyaman.

Selain itu, kamu bisa menambahkan lampu meja sebagai sumber pencahayaan tambahan yang mampu meningkatkan produktivitasmu. Semakin tinggi ketelitian yang harus kamu berikan kepada pekerjaanmu, kamu bisa menambah intensitas cahaya yang dipakai. Kamu bisa menggunakan lampu meja dengan pencahayaan sebesar 300 lumen agar kamu bisa melihat secara jelas dan detail.

Nah, itu dia tips – tips yang bisa kamu terapkan di area atau ruang kerjamu dari aspek pencahayaan. Semoga langkah kecil yang kamu terapkan bisa menambah kenyamanan dan produktivitasmu, ya!

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA