by

Yuk Ketahui Manfaat Tukang Rangka pada Manusia

KOPIJakarta – Manusia bisa melakukan kegiatannya setiap hari bergantung ke kondisi badannya. Kondisi badan yang sehat memungkinkannya seorang bisa melakukan aktivitas dengan optimal. Selain kondisi badan yang bugar, salah satunya factor manusia bisa aktif bergerak ialah rangka tubuh.

Ada kerangka tubuh membuat manusia bisa berdiri dan melakukan kegiatannya. Bila dalam rangka badannya terganggu, biasanya seorang akan mempunyai keterbatasan saat melakukan kegiatan. Tidak cuman manusia, makhluk hidup yang lain juga memiliki kerangka pada badannya, seperti hewan dan tumbuhan.

Peranan rangka untuk manusia sebagai peranan yang terpenting. Tanpa rangka, manusia tidak dapat berbuat apapun dan tidak sanggup beraktivitas apapun.

Peranan Kerangka Pada Manusia

Bagian-bagian yang ada pada tubuh manusia sama-sama terkait di antara satu bagian dan bagian yang lain. Kerangka pada manusia terbagi dalam banyak tipe dan wujud tulang dan tulang rawan individual. Berikut peranan/ Fungsi rangka bagi tubuh manusia yang mempunyai kaitannya dengan anggota dan anggota badan yang lain:

1.      Memberinya Bentuk Badan dan Menegakkan Badan

Ada peranan rangka ini memberinya bentuk badan dan sanggup menegakkan badan pada seseorang. Beberapa susunan tulang yang ada dalam tubuh manusia seperti tulang pada kaki dan tulang belakang, mempunyai peranan untuk menegakkan badan.

Tinggi dan rendahnya bentuk seorang tergantung pada kerangka ini. Susunan tulang-tulang tengkorak dan tulang di bagian depan memberinya peranan untuk membentuk badan manusia. Dari peranan rangka ini benar-benar tergantung pada bentuk muka seorang. Pada tangan, kaki, dada dan yang lain mempunyai peranan kerangka yang berbeda.

2.      Sebagai Tempat Menempelnya Otot

Peranan kerangka manusia selanjutnya adalah sebagai tempat menempelnya otot-otot. Kerangka dan otot memang sudah dikenal sebagai dua sisi pada tubuh yang tidak bisa dipisah.

Tanpa otot, kerangka badan tidak bisa bergerak dan tubuh manusia akan kaku. Kerangka dan otot bekerja bersama untuk mempermudah manusia bergerak, misalkan gerakkan lengan, kaki, leher dan lain-lain.

3.      Sebagai Perlindungan Organ-organ dalam Badan

Rangka badan manusia yang disebut susunan tulang ialah anggota badan yang paling keras. Oleh karena itu peranan rangka dapat membuat perlindungan organ-organ yang ada pada dalam tubuh manusia. Rangka ini akan membuat perlindungan alat-alat tubuh yang memiliki sifat lunak dan penting.

Seperti rangka pada dada mempunyai peranan membuat perlindungan paru-paru dan jantung, rangka pada kepala membuat perlindungan otak, bola mata, hidung, dan saluran pernapasan bagian atas. Tulang pinggul membuat perlindungan organ alat pencernaan dan alat reproduksi bagian dalam.

4.      Tempat pembentukan Sel Darah Merah

Elemen beberapa sel darah merah datang dari rangka badan. Peranan rangka ini memberikan tempat sebagai pembangunan darah merah dan darah putih. Umumnya rangka yang sanggup jadi tempat pembangunan beberapa sel darah ini pada tulang pipa dan tulang paha.

5.      Tempat Pembangunan Sumsum Kuning

Sumsum kuning ialah adalah tempat menyimpan lemak. Lemak sebagai sumber energi cadangan pada manusia ini ada pada rangka manusia. Maka secara tidak langsung jika peranan rangka manusia sebgai area untuk menyimpan energi dalam tubuh.

6.      Menyimpan Mineral

Ada sekitaran 62% matriks tulang yang tersusun dari garam anorganik khususnya kalsium fospat dan kalsium karbonat. Dan ada sekitaran 99% kalsium ada di kerangka badan. Kerangka badan yang terbagi dalam tulang-tulang ini sebagai tempat menyimpan kalsium dan fosfor. Kalsium berperan sebagai kontaksi otot dan pembekuan darah. Fosfor berperan sebagai pembangunan ATP.

7.      Sebagai Peranan Imunologis

Peranan rangka ini sebagai tempat menghasilkan beberapa sel kekebalan atau ketahanan tubuh yang ada pada sumsum tulang.

Penutup: Memnag begitu banyak peranan dari rangka, mengingat rangka merupakan pemberi bentuk pada tubuh serta melindungi organ vital pada tubuh. Maka dari itu kita harus menjaga agar tetap sehat dan memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kalsium. Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat!

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA