by

Yuk Ketahui Cara Merawat Laptop Yang Jarang Dipakai

KOPI, Nganjuk – Pada kesempatan kali ini saya akan membahas info mengenai Cara merawat laptop yang jarang Dipakai. Laptop jadi keperluan dasar di zaman sekarang ini. Laptop sekarang ini menjadi alat pendukung bagus untuk bekerja atau belajar. Tetapi tahukah kalian laptop bisa juga rusak kalau lama tidak kalian pakai lho. Jadi disini https://www.nooblasto.com akan membagikan Cara merawat laptop yang jarang Dipakai. Bagaimana caranya ? Simak saja pembahasan berikut ini :

Cara merawat laptop yang jarang Dipakai

1. Tidak boleh diletakkan di tempat yang lembab

Factor kelembapan sebagai salah satunya pemicu kerusakan paling banyak pada netbook-laptop yang jarang-jarang dipakai dalam periode waktu lama. Oleh karena itu, jauhi penyimpanan netbook di lokasi yang lembab, seperti pada atas almari, di bawah kolong tempat tidur, atau di lokasi yang dekat sama sumber air.

2. Lepaskan battery Laptop

Langkah yang ke-2 yakni melepaskan battery netbook bila tidak dipakai dalam periode waktu lama. Ini cuman bisa dilaksanakan pada netbook-laptop yang belum mempunyai battery tanam. Melepaskan battery netbook harus dilaksanakan karenanya melepas battery dari netbook, karena itu netbook Anda betul-betul tidak teraliri arus listrik hingga dapat menahan kerusakan karena jalinan arus pendek listrik. Disamping itu, langkah ini dapat jaga umur battery netbook tersebut.

3. Hidupkan Laptop Sesekali

Bila netbook telah jarang-jarang dipakai, karena itu beberapa komponen yang berada di dalamnya bisa menjadi dingin. Bila hal itu didiamkan semacam itu, karena itu beberapa komponen dalam netbook dapat konslet saat akan digunakan kembali. Disarankan untuk kadang-kadang menghidupkan netbook walau tidak dipakai. Janganlah lupa untuk mematikan netbook kembali bila tidak mau hancur.

4. Upayakan Laptop dalam status terbuka

Membuat netbook pada kondisi terbuka telah bisa dibuktikan bisa kurangi tingkat kerusakan pada keyboard, apa lagi bila netbook tidak pernah kembali dipakai. Alternative yang lain yakni tempatkan latop dengan kondisi terbuka pada lokasi yang terserang cahaya matahari atau kering, tidak boleh di lokasi yang lembab.

5. Isi ulangi daya battery Laptop

Walau netbook tidak dipakai dalam periode waktu lama, janganlah lupa selalu untuk isi daya batterynya. Supaya kemampuan battery netbook selalu terlindungi walau sedang tidak dipakai, kadang-kadang isi daya battery untuk menahan keadaan netbook jadi lembab. Rutinlah isi daya battery 2-3 minggu sekali.

6. Membersihkan  Laptop dengan teratur

Netbook juga perlu dijaga kebersihannya. Netbook yang dibikin bersih dengan teratur akan jaga netbook masih tetap tahan lama dalam periode saat yang semakin lama. Kotoran dan debu yang melekat pada netbook bisa memengaruhi performa netbook Anda saat akan dipakai kembali.

Penutup

Demikian artikel yang membahas info mengenai Cara merawat laptop yang jarang Dipakai. Semoga artikel yang saya bahas kali ini bisa bermanfaat dan bisa banyak membantu para pembaca. Terimakasih

Sumber : nooblasto

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA