by

Yuk Ketahui Cara Mengamankan Messenger Agar Tidak Ada yang Menyadap

KOPI, Nganjuk – Semakin berkembangnya teknologi membuat aplikasi seperti Facebook Messenger menghadirkan fitur yang cukup lengkap. Sayangnya, masih banyak pengguna yang belum familiar dengan fitur-fitur tersebut sehingga rawan terjadinya penyadapan. Lalu, bagaimana cara mengamankan Messenger?

Dilansir dari kangsandi.id ada banyak cara menyadap messenger dan facebook yang berbahaya. Salah satu hal negatif yang sering ditemui dari penggunaan Messenger adalah adanya penyadapan yang coba dilakukan oleh orang lain. Selain itu juga ada upaya untuk mengirim pesan rahasia dari orang yang tidak dikenal. Untuk itu, simak ulasan berikut untuk mengamankan Messenger Anda.

Cara Mengamankan Messenger

Semakin ke sini Facebook Messenger menyadari akan pentingnya keamanan data pengguna dari upaya-upaya peretasan atau penyadapan. Untuk itu, mereka telah menghadirkan beberapa hal yang bisa meningkatkan keamanan saat menggunakan Messenger, di antaranya:

1. Percakapan Rahasia

Percakapan rahasia adalah salah satu upaya Facebook untuk memaksimalkan keamanan saat dua orang saling bertukar informasi di Messenger. Ada beberapa fitur yang dihadirkan dalam mode percakapan rahasia, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Tidak bisa forward isi percakapan – Di dalam percakapan rahasia, ada hal-hal yang tidak bisa Anda lakukan seperti saat menggunakan percakapan biasa. Salah satunya adalah melakukan forward message ke orang lain.
  • Enkripsi End-to-End – Fitur ini membuat percakapan yang terjadi di dalamnya hanya bisa dibaca oleh dua orang yang saling berkomunikasi. Pihak Facebook sebagai penyedia layanan juga tidak bisa membacanya.
  • Bisa mengatur durasi percakapan – Sebagai pengguna kita bisa mengatur berapa lama percakapan rahasia akan dijalankan. Nantinya, ketika durasi percakapan sudah habis semua isi percakapan akan otomatis dihapus secara permanen.

Cara mengamankan Messenger dengan mode percakapan rahasia ini tidaklah sulit untuk dilakukan. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah saja. Agar lebih jelas, simak step by step memulai percakapan rahasia berikut ini:

Memulai Percakapan Rahasia Baru
  • Buka aplikasi Messenger yang ada di smartphone Anda.
  • Cari teman yang ingin Anda ajak ke dalam percakapan rahasia.
  • Pilih kontak akun tersebut dan Anda akan melihat ikon gembok untuk memulai percakapan rahasia. Klik ikon tersebut dan Anda akan dibawa ke ruang obrolan rahasia.
  • Di sini akan diterapkan enkripsi end-to-end yang ditandai dengan berubahnya warna jendela percakapan menjadi hitam.
  • Anda juga bisa menetapkan durasi percakapan agar semua isi pesan terhapus ketika durasi percakapan sudah habis. Anda hanya perlu klik ikon jam di bagian bawah dekat emoji dan atur durasi mulai dari 5 detik hingga 1 hari.
Memulai Percakapan Rahasia dari ruang obrolan biasa

Anda juga bisa memulai percakapan rahasia dengan teman atau seseorang yang sebelumnya sudah Anda ajak bicara. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Silakan masuk ke salah satu obrolan yang pernah Anda lakukan.
  • Setelah itu, klik ikon huruf (i) yang ada di sudut kanan atas halaman.
  • Kemudian pilih Go to Secret Conversation.
  • Selanjutnya, Anda akan dibawa ke sebuah halaman percakapan rahasia dan bisa memulai mengirim pesan rahasia ke orang tersebut.
2. Atur Privasi Audio

Agar lebih aman, Anda bisa mengatur privasi pada penggunaan audio di Facebook Messenger. Hal ini untuk mencegah penggunaan audio secara diam-diam. Berikut cara melakukannya:

  • Jika muncul pertanyaan untuk mengaktifkan suara pada saat melakukan obrolan teks, pilih saja Tidak. Apabila Anda tahu pengaturan tentang ini, sebaiknya matikan saja fitur ini.
  • Matikan akses Facebook/Facebook Messenger ke mikrofon. Caranya masuk ke Settings Android > Apps > Manage Apps > Facebook/Facebook Messenger > App Permission > Matikan akses ke mikrofon.
  • Jika Anda menggunakan iPhone, maka Anda bisa masuk ke Pengaturan. Kemudian cari aplikasi Facebook, lalu matikan akses ke mikrofon.
3. Cek Aktivitas Mencurigakan

Ketika kita login ke akun Facebook, aktivitas tersebut akan dicatat oleh sistem. Facebook akan memiliki informasi seperti perangkat yang digunakan saat login, lokasi login, serta waktu login. Hal ini untuk memastikan bahwa aktivitas tersebut merupakan aktivitas yang kita lakukan.

Jika terdapat aktivitas login yang Anda curigai atau kemungkinan dilakukan oleh orang lain, sebaiknya Anda segera menindaknya. Berikut cara mengamankannya:

  • Masuk ke Messenger dan pilih bagian Security and Login.
  • Kemudian pilih Where You’re logged in. Di sini Anda bisa melihat aktivitas login yang pernah dilakukan sebelumnya.
  • Jika Anda mencurigai salah satu aktivitas, seperti perangkat yang tidak Anda kenal atau lokasi yang tidak pernah Anda singgahi, silakan klik aktivitas tersebut.
  • Selanjutnya klik Not You, lalu pilih Secure Account untuk mengamankan Messenger Anda.
  • Pihak Facebook selanjutnya akan memandu Anda untuk melakukan beberapa tahap mengatasi hal tersebut. Silakan pilih Get Started.
4. Laporkan Pengguna yang Tak Dikenal

Jika Anda mendapat undangan untuk melakukan obrolan rahasia dengan orang yang tidak dikenal, sebaiknya jangan langsung menerima ajakan tersebut. Apabila hal itu sudah membuat Anda tidak nyaman, sebaiknya Anda laporkan orang tersebut ke pihak Facebook.

Caranya, silakan masuk ke Messenger > Buka percakapan rahasia yang dikirim oleh orang yang tidak dikenal tersebut > Pilih menu Ada masalah > Pilih Mudahkan kami memahami masalahnya > Pilih kirim masukkan > Kemudian laporkan percakapan > Lalu pilih Laporkan.

Setelah itu, pihak Facebook akan meninjau laporan tersebut dan akan memberikan sanksi tegas kepada orang yang telah Anda laporkan tersebut.

Agar semakin aman dalam menggunakan Messenger, sebaiknya Anda mulai menerapkan beberapa cara mengamankan Messenger di atas. Hal itu untuk mencegah kejahatan digital yang saat ini kerap dialami oleh banyak orang. Dengan begitu, komunikasi antara Anda dan orang lain tetap aman.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA