by

Wakil Bupati Nias Barat Lakukan Kunker ke Pulau Hinako

KOPI, Nias Barat – Setelah dilantik beberapa bulan yang lalu menjadi Wakil Bupati Nias Barat, untuk pertama kalinya, Dr. Era Era Hia, M.M., M.Si., menyambangi warga kepulauan Hinako dengan agenda kunjungan kerja dalam rangka ‘Rancangan Pembangunan Jalan Lingkar Pulau Hinako’, Kamis (26/8/21). Pembangunan jalan tersebut terdiri dari 6 desa yaitu: Desa Halamona, Desa Hanöfa, Desa Lahawa, Desa Hinako, Desa Sinene’eto dan Desa Balöwondrate.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka memenuhi janji sesuai saat orasi politiknya, ketika berkampanye pada Pilkada 2020 yang lalu. Masyarakat pulau Hinako menyambut kunjungan kerja ini dengan ditandai pengalungan Bunga kepada Wakil Bupati Dr. Era Era Hia, M.M., M.Si., dan setelah tamu dipersilakan duduk dilanjutkan acara Sekapur Sirih, ini merupakan ciri khas Adat Negeri Hinako ketika tamu kehormatan berkunjung ke daerahnya.

Dalam kata sambutannya, Dr. Era Era Hia, M.M., M.Si., menyampaikan bahwa sebagaimana janji kami Khenoki-Era Era ketika Pilkada 09 Desember 2020 yang lalu, Jika Tuhan menolong kami terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat maka kami akan melakukan semaksimal mungkin untuk memulihkan perekonomian dan pembangunan di Kepulauan Hinako. “Jika pada hari ini saya hadir menyambangi warga saya di Pulau Hinako, itu karena pertolongan Tuhan dan meminta maaf jika Bapak Bupati tidak bisa hadir di tengah-tengah kita, berhubung pada hari ini kami berbagi tugas, saya ke Pulau Hinako dan beliau berkunjung ke Sirombu untuk Destinasi Wisata di pantai Sirombu,” ujar Wabup Era Era.

Dalam kunjungan kerja kali ini, Wabup didampingi Asisten I, Kepala Dinas, Sekdis dan Kabid PUPR, Sekdis PMD, Camat Sirombu dan jajaran lainnya. “Kunjungan ini bertujuan untuk berdiskusi bersama-sama, hal-hal apa yang diharapkan masyarakat pulau Hinako dan harus sesuai dengan SOP tentunya,” tuturnya sambil menutup kata sambutannya.

Pada acara ini, panitia pelaksana menyuguhkan atraksi Sanggar Tari Kepulauan Hinako diantaranya Folaya Saembu dan Maena Massal yang dikoordinir oleh Joniadep Marunduri.

Sebelum jamuan makan siang dari panitia pelaksana, Wakil Bupati Nias Barat membuka ruang diskusi bersama ke enam Kepala Desa, BPD dan perwakilan tokoh masyarakat pulau Hinako. Kesepakatan bersama dituangkan dalam berita acara dan penandatanganan bahwa Pemerintah Desa dan masyarakat Pulau Hinako sangat setuju pembangunan jalan lingkar tersebut.

Lalu dibentuk Tim yang melibatkan Kades dan Tokoh Masyarakat, yang bertugas untuk menentukan rute dan menyelesaikan permasalahan lahan terlebih dahulu, sebelum Pemkab Nias Barat membangun jalan di maksud dan diharapkan pada TA 2022 sudah dimulai, paling lambat selesai TA 2024.

Wakil Bupati Nias Barat mengakhiri kunjungannya di Pulau Asu untuk merencanakan Pembangunan Jalan Lingkar (keliling pulau) untuk menunjang terobosan wisata yang ke depannya menjadi aset berharga di Kabupaten Nias Barat. (JM)

Editor: NJK

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA