by

Wabup Patriana Krisna Hadiri Pujawali di Pura Gede Dalem Blambangan

KOPI, Jembrana – Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna, menghadiri Pujawali Ida Bethara di Pura Pusat Gede Dalem Blambangan yang berlokasi di Kelurahan Loloan Timur, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Bali, Rabu(18/08/2021). Puncak Pujawali/Piodalan di Pura yang sungsung oleh 16 dadia di Kabupaten Jembrana yang jatuh pada Buda Manis, Anggarkasih Dukut berlangsung khusuk dan khidmat lantaran panitia karya tetap memberlakukan Prokes Covid-19.

Meski demikian, prosesi upacara tetap dilaksanakan sebagaimana mestinya. Menurut Manggala Karya, Jero Ketut Maside mengaku, kalau Pujawali/Piodalan di Pura Gede Dalem Belambangan dilaksanakan setiap 6 bulan sekali.

Selain itu, para pengemponnya juga berasal dari 16 dadia di Jembrana. ”Pujawali Ida Bethara di Pura Gede Dalem Belambangan ini dilaksanakan nyabran enam sasih (6 bulan sekali). Pura ini merupakan pusat dari Semeton Dalem Blambangan yang tersebar di 16 dadia di Kabupaten Jembrana,” ujarnya.

Sementara Ketut Maside juga mengaku, disaat Pandemi Covid-19 yang kini masih berlangsung, Pujawali tetap dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan. ”Karya ini kami laksanakan sehari saja. Untuk para pemedek kami selalu batasi dan mereka yang tangkil (hadir) tetap harus mematuhi prokes Covid-19,” tegasnya.

Terkait dengan rangkaian piodalan, kata Ketut Maside, upakara menggunakan Pulagembal serta caru manca sata dengan dipuput oleh Ida Sulinggih. ”Kemarin Pujawali kita awali dengan pecaruan dengan tingkatan Mancasata Selasa (17/08/2021). Hari ini Rabu (18/08/2021), puncak Piodalan dengan dipuput oleh Ida Peranda Anom dari Grya Batuagung dengan tingkatan upakara bebanten Pulagembal,” jelasnya.

Sementara Wakil Bupati I Gede Ngurah Patriana Krisna, usai menghaturkan sembah bhakti dan penyerahan punia untuk upakara minta, krama umat agar tetap mematuhi prokes Covid-19. ”Saat ini kita masih dihadapkan dengan kondisi sulit akibat Pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Namun demikian, saya minta semua warga, selain tetep ngerestiti bhakti kehadapan Ida Yang Bethara agar pandemi segera berakhir juga warga agar tetap waspada karena disekitar kita pandemi masih ada,” pungkasnya. (Humas/AM)

Editor: NJK

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA