by

Wabup Jembrana Hadiri Syukuran Petik Laut dan Lomba Jukung di Desa Airkuning

KOPI, Jembrana – Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna,  mengikuti serangkaian kegiatan petik laut dan lomba balap jukung perahu layar yang digelar para nelayan Desa Air Kuning, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana, Sabtu (21/08/2021). Lomba diikuti sebanyak 14 peserta jukung dari sejumlah nelayan setempat.

Lomba jukung tersebut dibuka langsung Wakil Bupati Jembrana Patriana Krisna, serta dihadiri Camat Jembrana, I Kadek Agus Arianta; di Pantai Desa Air Kuning, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana – Bali.

Usai melepas peserta lomba, Wabup Patriana Krisna yang berasal dari Kelurahan Tegal Cangkring  mengaku kalau lomba balap jukung yang digelar serangkaian upacara petik laut, sangat unik dan kreatif. “Kita tahu bahwa acara petik laut ini identik dengan syukuran tahunan yang bertepatan dengan bulan Asyuro. Tetapi ini sangat berbeda dan unik,” ujar Wabup.

Di tengah syukuran acara petik laut, para nelayan di sini sangat kreatif bisa menggelar perlombaan balap jukung. Lomba seperti ini tentu akan menarik masyarakat untuk melihatnya. Wabup tetap berpesan agar tetap menjaga prokes.

Lebih lanjut, Wabup Patriana Krisna berharap kedepannya lomba balap jukung ini bisa dilestarikan dan dibudayakan setiap tahunnya. “Ke depan tentu saya harapkan perlombaan semacam ini bisa terus berlanjut. Hal ini tentu merupakan tradisi yang sudah ada sejak dari dulu, jadi patut untuk kita pertahankan dan dilestarikan,” jelas Patriana.

Lomba ini tentu memiliki daya tarik wisatawan tersendiri. “Oleh karena itu saya juga harapkan lomba ini bisa menjadi event-event besar yang mampu menarik wisatawan lokal maupun mancanegara,” harap Wabup Patriana Krisna.

Hal tersebut, disampaikan pula oleh Ketua Panitia syukuran petik laut, Jihadi, bahwa syukuran petik laut merupakan kegiatan yang rutin diadakan setiap tahunnya dan bertepatan dengan bulan Asyuro, sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas semua rejeki yang sudah diberikan khususnya bagi para nelayan. “Syukuran petik laut selalu rutin kita lakukan setiap tahunnya. Di sini para nelayan Desa Airkuning juga selalu menggelar lomba balap jukung dalam acara syukuran petik laut ini sudah menjadi tradisi setiap tahunnya dulu,” jelas Jihadi. 

Usai acara syukuran petik laut, Wabup
Patriana Krisna, menyerahkan bantuan senilai Rp 5 juta yang diserahkan kepada panitia syukuran petik laut. (Humas/AM)

Editor: NJK

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA