by

Sejumlah Partner Industri Bonafit Akan Rekrut Peserta ICStar Hackathon 2021

KOPI, Jakarta – PT, Orbit Nasional Edukasi (ONE Indonesia) menggandeng sejumlah partner industri bonafit dalam program ICStar Hackathon 2021. Sebut saja Indosat, Adira Finance, IDStar, BCA, UiPath, dan Eksad.

Selain sebagai pendukung dan sponsor, beberapa perusahaan tersebut juga akan merekrut sejumlah peserta ICStar Hackathon 2021. Tak hanya Indonesia, kompetisi ini juga menggandeng partner industri dari Malaysia, Learning Vista, Technology Visionaries, dan TVExtract.

“Otomatisasi adalah kuncinya. Dua tahun terakhir ini, semakin banyak orang perlu bekerja offside dari rumah, dan sangat penting untuk memiliki otomatisasi sebagai salah satu elemen kunci dalam apa pun yang kita lakukan hari ini,” kata Jeya Shanker, CEO TVExtract, SVP of Business Development Learning Vista.

CEO ONE Indonesia sekaligus Project Manager ICStar Hackathon 2021, Marcino Waas menyebut kompetisi kali ini berbeda dari tahun sebelumnya. Sebab, ada kerjasama dengan universitas maupun industri dari Indonesia dan Malaysia untuk meningkatkan daya saing dan level kompetisi.

“Di kompetisi ini banyak sekali benefit yang bisa didapatkan peserta. Yang pertama, berinteraksi langsung dengan industri. Yang kedua, mendapat training dan berikutnya akan mendapatkan kesempatan untuk dihire industri, dan tentu ada beberapa hadiah untuk peserta,” kata Marcino.

Program ICStar Hackathon 2021 akan berlangsung selama kurang lebih delapan bulan. Proses registrasi sudah berjalan pada bulan Maret-Mei, dilanjut bulan Juni proses filtering, Juni pelatihan, bulan Agustus-September proses workshop dan final showcase di bulan Oktober.

Total peserta yang mendaftar sebanyak lebih dari 500 peserta dari lebih dari 100 universitas di Indonesia dan Malaysia. Sudah diseleksi menjadi 66 peserta dan dibagi menjadi 22 grup masing-masing 3 orang.

ICStar Hackathon 2021 mengangkat tren teknologi terkini dalam RPA (Robotic Process Automation) sebagai pusat topik kompetisi. RPA di sini bukan robot secara fisik, namun perangkat lunak yang dirancang khusus untuk membantu menyederhanakan pekerjaan manusia yang bersifat repetitif.

Perusahaan partner sangat antusias dengan tema RPA ini. Teknologi RPA diharapkan bisa menjadi solusi sekaligus meminimalisir kesalahan pada human error.

“Kita di HR bisa memanfaatkan man power ke area-area yang lebih bersifat analitik dan strategik. Jadi yang clerical, administratif, repetitif semuanya sudah mulai dikerjakan oleh robot. Di Adira Finance sendiri, RPA tidak cuma dikerjakan di aktivitas HR, tapi juga ke dunia bisnis yang secara umum,” papar Awal Diyananda, Head of HCGA Share Service Adira Finance.

Saat ini proses kompetisi ICStar Hackathon 2021 sedang berlangsung. Sementara acara pembukaan telah dilaksanakan pada 19 Juli lalu, dihadiri oleh 66 peserta dan perwakilan dari industri partner dan universitas.