by

Satgas Citarum Harum Sektor 19 Subsektor 1/Batujaya Lakukan Pembersihan dan Pembabatan Rumput Liar di Tanggul Citarum

KOPI, Karawang – Satgas Citarum Harum Sektor 19 Subsektor 1/Batujaya bersama-sama masyarakat setempat melakukan pembersihan dan pembabatan rumput liar di tanggul sungai Citarum, Sabtu (28/8/21). Kegiatan berlangsung di Dusun Jatimulya RT. 03 RW. 02, Desa Teluk Ambulu, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang.

Gotong royong dipimpin Dansubsektor 1/Batujaya, Serda Sukarta Wijaya, beserta anggotanya, dibantu oleh RT dan RW bersama masyarakat sekitar.

Saat dikonfirmasi awak media, Dansubsektor 1/Batu jaya menyampaikan kegiatan ini dilakukan agar masyarakat Desa Teluk Ambulu, khususnya Dusun Jatimulya untuk mengetahui bahwa kegiatan Satgas Citarum bukan hanya membersihkan rumput liar yang tumbuh di sekitar tanggul Citarum saja, tapi lahannya bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam seperti palawija dan sayur-sayuran. “Masyarakat dapat memanfaatkan lahan di tanggul Citarum untuk bercocok tanam,” ujar Sukarta.

Lanjutnya, hasil dari tanaman sayuran dan palawija juga akan dibagikan ke masyarakat sekitar. “Hal ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, apalagi di tengah Pandemi Covid-19 seperti saat ini,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan kerja bakti ini merupakan bentuk kepedulian Satgas Citarum Harum terhadap kelestarian lingkungan. “Kami mengajak seluruh elemen masyarakat sekitar untuk selalu menjaga tanggul Citarum agar terhindar dari berkembangbiaknya rumput liar yang kapan saja bisa tumbuh di atasnya,” paparnya.

Lanjutnya, kami berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan. Dan apabila ada hal-hal yang sifatnya darurat bencana alam seperti banjir, tanah longsor di bantaran sungai Citarum, maka masyarakat harus bisa menginformasikan dengan sigap.

“Kami berharap satgas dan masyarakat sekitar harus terjalin komunikasi agar bisa secara bersama-sama berkoordinasi tentang langkah-langkah tepat yang akan diambil dalam menangani bencana tersebut,” pungkasnya. (AAS)

Editor: NJK

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA