by

Salurkan Bansos bagi Pemangku Pura, Bupati Tamba Segera Renovasi Pura Jagat Natha

KOPI, Jembrana – Pemerintah kabupaten Jembrana memberikan bantuan sosial berupa sembako kepada para Pemangku Pura Jagat Natha Kabupaten Jembrana. Bansos berupa beras masing-masing seberat 10 kg, diserahkan secara simbolis oleh Bupati I Nengah Tamba di Wantilan Pura Jagatnatha, Rabu (4/08/2021).

Di sela-sela penyerahan itu, Bupati I Nengah Tamba, yang didampingi Pj. Sekda I Made Budiasa, dan Asisten 2 IGN Sumber Wijaya, mengaku kalau pihaknya akan segera merenovasi secara menyeluruh Pura Jagat Natha. “Kalau kita lihat sekarang posisi eksisting (rancangan bangun) Pura Jagat Natha ini yang sudah lama sekali, kita sudah sepakat bersama tim teknis di Pemkab Jembrana untuk membuat proposal untuk diajukan ke Gubernur Bali. Proposal ini berkaitan dengan rehab Pura Jagat Natha secara menyeluruh,” ucap Bupati Tamba.

Selain rehab bangunan Pura Jagat Natha, Bupati Tamba  akan melakukan perombakan khususnya untuk bangunan yang ada di Jaba Pura seperti pintu keluar (kori) yang ada di sisi selatan. ”Kalau dilihat dari filosofi Pura dan juga termasuk Tri Mandala Pura harus ada pintu keluar berupa Candi Bentar. Semua pura  seperti itu. Hal itu berfungsi saat Ida Bethara me-Beji termasuk saat melasti. Yang terjadi saat ini tidak ada itu lantaran Candi Bentarnya tertutup,” ujar Bupati Tamba.

Bupati Tamba juga sangat menyayangkan image yang sangat keliru terhadap anggapan di masyarakat kalau keberadaan Pura Jagat Natha ini lebih didominasi oleh keberadaan Kebun Raya. ”Yang utama adalah Pura Jagat Natha, baru berikutnya adalah kebun Raya Jagat Natha. Kita (masyarakat Jembrana) inginkan Pura Jagat Natha baru diindahkan dengan adanya Kebun Raya di sebelahnya. Pura Jagat Natha tidak bisa dinomorduakan. Maka dari itu, mungkin itu dulu konsepnya yang salah,” tegas Bupati Tamba.

Bupati yang berasal dari Desa Kaliakah ini optimis kalau usulan yang akan diajukan ke Gubernur Bali dapat persetujuan. ”Mudah-mudahan apa yang kita ajukan kepada Bapak Gubernur Bali bisa disetujui. Jika dari kita (Jembrana) tentu saat ini masih  sangat sulit akibat masa pandemi Covid-19. Kita berharap, beliau kami yakini sangat setuju sekali dengan rancangan ajegnya jagat Jembrana,” ungkap Bupati Tamba.

Sementara terkait dengan bansos bagi para Pemangku, Bupati Tamba berharap agar dapat sedikit meringankan beban keluarga di masa pandemi Covid-19. ”Semua Pemangku tentu beliau selalu mendoakan jagat Jembrana agar landuh (tentram). Selain itu juga situasi dan kondisi saat ini di mana kita semua sedang mengalami masa sulit dampak dari Covid-19 ini. Untuk itu, pemerintah menaruh rasa kepeduliannya dengan memberikan sedikit bantuan. Kita harapkan bantuan ini sedikit meringankan beban keluarga,” harap Bupati Tamba. (Hms/AM).

Editor: NJK

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA