by

Ruang Kerja Nyaman untuk Introvert dan Extrovert

KOPI, Jakarta – Memiliki ruang kerja yang nyaman adalah impian semua orang. Karakteristik ruang kerja yang sesuai dengan pemiliknya berbeda satu dengan lainnya. Pada artikel ini akan dibahas serba-serbi ruang kerja bagi orang dengan sifat-sifat introvert dan extrovert.

Introvert dan extrovert memiliki karakteristik masing-masing. Perbedaan paling menonjol adalah dari cara mereka memperoleh energi. Introvert memperoleh energi dari melakukan kegiatan yang disukai sendirian. Sementara, extrovert mendapat energi ketika beraktivitas dengan banyak orang, sehingga akan bosan ketika sendirian.

Mereka juga memiliki perbedaan karakteristik kepribadian. Perbedaan karakteristik kepribadian pada mereka dapat memengaruhi penataan ruang kerja yang nyaman. Kita tahu bahwa keadaan nyaman bisa mempengaruhi produktivitas kerja seseorang. Lalu, bagaimana penataan ruang kerja yang nyaman untuk mereka?

Ruang Kerja Introvert

Seorang introvert membutuhkan ketenangan dalam bekerja. Mereka menginginkan privasi agar terhindar dari gangguan. Hal itu dikarenakan seorang introvert sensitif terhadap keadaan di sekitarnya.

Ruang kerja dengan partisi atau sekat menjadi tempat yang nyaman untuk seorang introvert bekerja. Ruang kerja yang dibatasi dengan dinding kaca transparan juga bisa menjadi tempat bekerja yang nyaman bagi introvert.  

Namun, bukan berarti introvert hanya ingin bekerja di ruang kerja berkarakteristik tersebut. Melainkan, seorang introvert bisa bekerja dengan maksimal di ruang yang memberikan privasi, seperti ruang dengan sekat-sekat. Ruang kerja yang memiliki sekat membantu meminimalisir gangguan, sehingga fokus pada pekerjaan bisa tetap terjaga.

Ruang Kerja Extrovert 

Berbeda dengan seorang extrovert, mereka membutuhkan kebebasan untuk berinteraksi dengan orang lain ketika sedang bekerja. Mereka menyukai kerjasama dan kolaborasi. Ketika ingin mencari inspirasi baru mereka bisa langsung berinteraksi dengan rekan kerja di dekatnya. Keadaan ini membuat seorang extrovert bisa lebih produktif dalam bekerja.  

Maka, ruang kerja tanpa sekat atau tipe open space adalah paling nyaman dan cocok untuk mereka. Ruang kerja ini bisa kita lihat pada co-working space. Co-working space memiliki beberapa meja panjang dan kursi di sekitar. Ini memberikan kemudahan bagi seorang extrovert untuk berinteraksi dengan rekan kerjanya.

Nah, itu tadi adalah pembahasan mengenai ruang kerja nyaman untuk introvert dan extrovert. Tentu kita perlu mengetahui ruang kerja yang cocok dengan diri sendiri agar bisa bekerja dengan produktif. Kita bisa memulai dengan belajar memahami diri sendiri untuk bisa mengetahui ruang kerja yang cocok.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA