by

Redaksi Suaraindonesia1 Terima Penghargaan dari PPWI sebagai Pengirim Peserta Terbanyak dalam Pelatihan Jurnalistik

KOPI, Jakarta – Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Persatuan Pewarta Warga Indonesia (DPN-PPWI), Wilson Lalengke, untuk kedua kalinya memberikan penghargaan kepada media SuaraIndonesia1.Com. Penghargaan kali ini diberikan atas partisipasi redaksi media ini mengirimkan 29 wartawannya untuk mengikuti Pelatihan Dasar Jurnalistik yang diselenggarakan oleh PPWI bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Komunikasi Fikon) Universitas Mpu Tantular, Jakarta, Sabtu, 28 Agustus 2021.

“PPWI sangat mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih atas peran serta yang luar biasa dari Pimpinan Redaksi bersama jajarannya yang telah mengikutsertakan 29 orang wartawannya. Kelompok ini menjadi yang terbanyak mengirimkan peserta dalam Pelatihan Jurnalistik kali ini,” ujar Lalengke saat menyampaikan penghargaannya kepada Redaksi SuaraIndonesia1.Com.

Sebagaimana diketahui bahwa PPWI Nasional bersama Fikom Universitas Mpu Tantular telah sukses menyelenggarakan Pelatihan Dasar Jurnalistik pada Sabtu, 28 Agustus 2021, kemarin. Kegiatan berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, dari pukul 13.00 sd 17.00 wib.

Maksud dan tujuan utama Pelatihan Dasar Jurnalistik ini adalah untuk meningkatkan kemapuan wartawan dan pewarta masyarakat dalam rangka mewujudkan komunitas masyarakat Indonesia yang cerdas, kreatif, dan bertanggung jawab dalam berbagi informasi melalui media publikasi yang tersedia di berbagai jaringan yang ada.

Pelatihan Dasar Jurnalistik ini diikuti oleh sekitar 90-an peserta dari berbagai propinsi. Bahkan, hadir juga peserta dari luar negeri (Paris, Prancis). Kegiatan berlangsung berlangsung tertib, lancar dan sukses.

Mung Pujanarko, S.Sos., M.I.Kom, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Juanda Jakarta memberikan pemaparannya dalam sesi membuat berita cepat (quick news). Peserta diajarkan cara membuat berita yang benar dalam waktu cepat, yakni dalam durasi 5 menit dengan 150 kata. Berita cepat itu sudah mencakup unsur 5W plus 1H, dan layak untuk dipublikasikan.

Di sesi lainnya, Danny PH Siagian, SE, MM ikut memberikan materi tentang pentingnya seorang jurnalis melakukan koreksi dahulu pada karya tulisnya sebelum menerbitkan berita. Editing dilakukan dengan cara berulang-kali memperhatikan dengan baik setiap kata dalam pemberitaan yang ditulis, mulai dari penulisan judulnya, isi berita, penggunaan bahasa, hingga penyebutan nama, dan lain sebagainya.

Pelatihan Dasar Jurnalistik kali ini dipandu oleh Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom, seorang dosen ilmu komunikasi di Fikom Universitas Mpu Tantular. Kepiawaian Serepina dalam memandu jalannya kegiatan pelatihan ini membuat suasana pelatihan berjalan dengan lancar, menarik, penuh keseruan, dan membuat nyaman para peserta dalam menerima materi yang disampaikan narasumber.

Pelatihan Dasar Jurnalistik kali ini dimeriahkan dengan quis serta doorprize dengan hadiah-hadiah menarik dari sponsor. Selain foto bersama, di penghujung acara juga dilakukan penyerahan sertifikat peserta pelatihan secara simbolis yang diterima oleh Widi Nugroho Sahib, Abdul Wahid P. Diko, dan Syiva Heririt. (Red)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA