by

PPWI Adakan Pelatihan Dasar Jurnalistik Online

Kopi, Pelalawan – Persatuan Pewarta Warga Indonesia mengadakan Pelatihan Dasar Jurnalistik yang berlangsung secara online melalui meeting zoom, Sabtu (28/08/2021). Peserta berjumlah 78 orang yang mengikuti Pelatihan Jurnalistik, berasal dari berbagai daerah dari seluruh wilayah Indonesia.

Bukan hanya dari dalam negeri, tapi juga dari Prancis yang mengikuti pelatihan tersebut. Kegiatan dimulai dari pukul 15:00 sampai 17:00 wib. Dalam kesempatan Pelatihan Jurnalistik ini, Ketua Umum PPWI, Wilson lelangke S.Pd., M.Sc., M.A., sebagai narasumber yang memberikan materi dan pemahaman tentang menulis yang baik dan benar.

Wilson menyampaikan kepada para peserta pelatihan jurnalistik bahwa “Setiap penulisan berita itu harus benar-benar dipahami dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, supaya pembaca tidak bingung.”

Sementara itu, Mung Pujanarko, S.Sos., M.I.Kom., Praktisi Jurnalistik yang juga merupakan Dosen Ilmu Komunikasi dan Penulis di beberapa media menyampaikan, “Sebagai Jurnalis dalam penulisan berita itu, harus selalu gunakan 5W + 1H harus dalam penulisan gunakan kalimat-kalimat yang sesuai dengan tata bahasa Indonesia dan Poin of Interest dari semua peristiwa.
Apapun berita itu, tulis aja dulu.”

Danny P.H Siagian., SE., M.M., sebagai narasumber menyampaikan bahwa Jurnalis itu harus teliti dalam membuat berita sebelum dikirimkan ke Redaksi. “Untuk menjadi Jurnalis itu harus mampu mengedit penulisan, begitu juga foto sebelum berita diterbitkan.” pungkasnya.

Serepina Tiur maida, S, Sos., M. Pd., M.I.Kom, merupakan Dosen Ilmu Komunikasi, bertindak sebagai pemandu.

Dari pantauan awak media, semua peserta Pelatihan Jurnalistik begitu semangat mengikuti acara ini, walaupun secara virtual melalui Meeting Zoom, dan para peserta yang mengikuti pelatihan mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum PPWI beserta jajarannya. (Davidson)

Editor: NJK

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA