by

Panorama Hutan Tropis dan Hamparan Pasir Putih yang Eksotis Pulau Sempu Malang

KOPI, Malang – Pulau Sempu terletak di Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pulau ini memiliki luas kurang lebih 877 hektar yang berbatasan langsung dengan selat sempu. Dan untuk bagian selatan dikelilingi oleh Samudera Indonesia.

Di pulau ini banyak sekali berbagai pohon tropis dan sejak pemerintahan belanda sudah menjadi pusat cagar alam Indonesia yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur ( BBKSDA ) dan Departemen Kehutanan Indonesia.

Pulau sempu merupakan salah satu objek wisata unggulan kota Malang. Keindahan alam pulau ini tak kalah dari beberapa kawasan wisata di Indonesia. Di dalam pulau, Para wisatawan dapat menikmati sebuah panorama Pantai Laguna Segara Anakan yang memiliki luas sekitar 4 hektar dengan air laut yang dipisahkan oleh bebatuan karang.

Pesona Keindahan Pulau Sempu Malang

Pulau Sempu dikenal sebagai pulau tak berpenghuni yang dijadikan sebagai pusat cagar alam dengan banyak jenis flora dan fauna khas Indonesia. Pulau ini memiliki ekosistem yang sangat terjaga yang terdiri dari ekosistem hutan pantai, hutan tropis dataran rendah, hutan danau dan hutan mangrove.

Selain keindahan hutan hijau yang rimbun, para pengunjung juga dapat menikmati keindahan Pantai Laguna Segara Anakan yang terletak sekitar 2.5 kilometer ke arah selatan pulau. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang sangat istimewa dengan hiasan biru air laut yang terpisah dengan laut lepas oleh batuan karang yang menjulang.

Hijau hutan dengan hawa laut yang segar menjadi alasan bagi para wisatawan untuk berkunjung ke sana. Para wisatawan juga dapat duduk santai di bibir pantai sambil berjemur sinar matahari yang ditemani dengan es kelapa muda.

Kegiatan Selama Berada di Pulau Sempu

Keindahan Pulau Sempu Malang menjadikan kawasan ini sebagai destinasi alternatif para pecinta wisata alam. Suasana pantai yang sejuk dengan hamparan pasir yang bersih dan jernih membuat para pengunjung enggan untuk meninggalkan tempat ini. Pohon – pohon hijau yang mengelilingi biru laut kian menjadikan kawasan wisata ini sebagai sebuah panorama surga wisata Indonesia.

Sebagai pusat cagar alam, banyak para pengunjung yang datang ke Pulau Sempu Malang untuk melakukan camping dengan tenda dibuat di pinggiran pantai. Cuaca yang tidak terlalu panas yang berpadu dengan angin laut menjadikan temat ini sebagai lokasi favorit para turis asing untuk berjemur di bawah matahari.

Di kala senja, para wisatawan akan disuguhkan sebuah panorama surga alam Indonesia dengan hiasan langit jingga yang menutupi sebagian wilayah pulau. Para pengunjung juga dapat melakukan Snorkeling di Pantai Laguna Segara Anakan. Air yang jernih dengan lapisan pasir putih akan menyuguhkan sebuah keindahan alam bawah laut yang ditemani dengan hiasan karang kecil dan ikan – ikan yang penuh warna.

Akses Menuju Pulau Sempu

Pulau Sempu berada di sekitar 180 kilometer dari kota Surabaya dan hanya berjarak 80 kilometer dari kota Malang. Untuk sampai ke lokasi wisata, Para wisatawan dapat menggunakan jasa rental mobil untuk sampai ke kawasan Pantai Sendang Biru dengan biaya 300 ribu yang akan membutuhkan waktu 2 -3 jam perjalanan dari kota Malang. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan perahu yang ada sekitar dermaga Pantai Sendang Biru menuju kawasan Pulau Sempu dengan waktu tempuh 20 – 30 menit dan kisaran biaya sewa perahu sebesar Rp.100 ribu (PP).

Pulau Sempu merupakan pulau tesembunyi yang menyimpan sejuta keindahan alam. Hijau pohon tropis yang mengeliligi hamparan biru laut yang berlapiskan pasir putih akan menyuguhkan sebuah pengalaman wisata alam yang tak terlupakan.

Referensi : https://gmailloginup.com/

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA