by

Mengetahui Tentang Pengukuran Suhu Serta Perpindahan Kalor Pada Ilmu Fisika

KOPI, Nganjuk – Apa kabar semuanya? Dalam kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan kepada kalian semua mengenai pengukuran suhu dan juga perpindahan pada kalor yang ada pada ilmu fisika.

Oleh karena itu, supaya kalian paham dan jelas. Jangan sampai kalian melewatkan setiap kata sekalipun pada artikel ini. Oke, langsung saja kita menuju ke pembahasan pengukuran suhu dan perpindahan kalor berikut ini.

Pengukuran Suhu

Dilansir dari https://www.sampaiakhir.com/,dalam mengukur suhu suatu benda, umumnya semua orang menggunakan termometer dengan  memanfaatkan sifat dari termometrik pada suatu benda. Pengukuran dari suhu suatu benda tersebut akan menghasilkan 4 satuan suhu yakni Celcius, Farenheit, Reamur, dan Kelvin.

Nah, supaya kalian bisa lebih mengerti lagi. Kami juga akan menjelaskan masing-masing satuan tersebut.


1. Celcius

Pada satuan ini, Celcius merupakan skala pengukuran suhu yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Nama Celcius ini diambil dari nama Andreas Celcius, yang identik dengan lambang C.

Skala Celcius tersebut mempunyai rentang, yakni titik beku air sebagai titik paling bawah di nilai 0oC serta titik didih air sebagai titik paling atas di nilai 100oC. Jadi, rentang pada pengukuran suhu terhadap satuan Celcius tersebut adalah 0 – 100oC.


2. Farenheit

Skala farenheit ini sering digunakan di berbagai negara seperti Inggris, Kanada, Amerika, dan beberapa negara di Eropa. Satuan ini berbeda dengan Celcius yang hanya mempunyai titik rendah yaitu 0, Sedangkan Fareinhet dapat menentukan titik beku air pada nilai 32oF.

3. Reamur

Sedangkan pada Reamur, tidak sama dengan kedua satuan sebelumnya. Dikarenakan pengukuran suhu pada Reamur mempunyai rentang yang lebih pendek. Titik beku air terhadap pengukuran suhu Reamur bernilai 0oR serta titik didih air terhadap suhu bernilai 80oR.

4. Kelvin

Satuan pada Kelvin menjadi standar acuan dari pengukuran suhu yang lainnya, sebab ketiga hasil pengukuran suhu yang sudah disebutkan tadi mempunyai nilai negatif. Sedangkan Kelvin tidak mempunyai nilai negatif.

Titik beku air dalam pengukuran kelvin sebesar 0K atau juga dikenal sebagai suhu nol mutlak, sebab sama sekali tidak adanya pergerakan pada molekul. Titik didih air terhadap pengukuran Kelvin bernilai 273K.

Perpindahan Kalor


1. Konduksi

Konduksi memiliki arti sebagai energi panas yang bergerak tanpa disertai pergerakan permanen medium yang menjadi penghantar pada panas tersebut. Konduksi juga memiliki 2 jenis, yaitu Kondukto dan Isolator.


2. Konveksi

Konveksi yaitu perpindahan pada panas yang bisa terjadi seiring dengan perpindahan pada zat perantara. Hal ini bisa kalian rasakan, ketika tangan kalian berada diatas air yang sedang dipanaskan. Lalu tangan kalian akan terasa panas dan basah.


3. Radiasi

Yang terakhir adalah Radiasi. Radiasi merupakan penghantaran energi panas yang tidak dibutuhkan penghantar.Misalnya sepert, pada setiap harinya kalian pasti disinari oleh matahari. Nah, hal itu bisa disebut dengan Radiasi.

Penutup

Demikian ulasan yang bisa kami berikan kepada kalian, seputar pengukuran pada suhu dan juga perpindahan pada kalor. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian, terutama mengenai suhu dan kalor pada ilmu fisika.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA