by

Jaga Populasi, Puluhan Anjing dan Kucing Warga Disterilisasi 

KOPI, Jembrana – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana, bekerjasama dengan Yayasan Seva Bhuana Denpasar, Meski ditengah Pandemi covid-19. Dalam dua hari ini, Dinas Pertanian dan Pangan menggelar sterilisasi dan vaksinasi rabies gratis menyasar anjing dan kucing milik warga. Kegiatan berlangsung dua hari 12-13 Agustus 2021 bertempat di Banjar Tegalasih, Desa Batuagung dan Bale Lingkungan Tinyeb Kelurahan Banjar Tengah, Kecamatan Jembrana, Kabupaten Jembrana.

Tujuannya, mengantisipasi munculnya kasus rabies. Selain itu, untuk mengontrol populasi khususnya anjing dan kucing liar. Pelaksanaan hari kedua (13/08/2021), dipantau langsung Bupati Jembrana, I Nengah Tamba.

Ketua Yayasan Seva Bhuana, drh. Nana Dianita mengatakan ada tiga kegiatan utama yang dilaksanakan dalam dua hari ini di Kabupaten Jembrana. Pertama sterilisasi pada anjing dan kucing betina, kedua pengangkatan testikel pada anjing dan kucing jantan serta proses vaksinasi rabies.

“Tujuan kegiatan ini untuk mengontrol populasi agar tidak banyak anjing dan  kucing liar. Jadi populasi bisa ditekan sekaligus kasus rabies juga kita antisipasi agar tidak mewabah,” terang Nana Dianita.

Dianita menjelaskan, kegiatan ini sempat lama vakum karena  situasi pandemi Covid-19. Baru kali ini bisa digelar kembali bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana. “Jadi sambil kita lakukan seterilisasi juga, pihak dinas melaksanakan vaksinasi untuk mencegah kasus rabies,” tuturnya.

Sementara Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, menyambut baik kegiatan yang terselenggara di 2 tempat di Jembrana. Menurutnya, kewaspadaan terhadap munculnya wabah penyakit harus selalu ditingkatkan. Tidak hanya berperang pada penyebaran covid-19, meski di masa pandemi, tapi juga terhadap munculnya wabah lainnya termasuk rabies.

“Jadi saya ucapkan terima kasih kepada pihak yayasan yang telah membantu kami di Kabupaten Jembrana. Menurut saya kegiatan ini sangat baik. Jadi tidak hanya menekan populasi satwa liar, tapi mencegah kasus rabies, termasuk sisi edukasi kepada masyarakat bagaiamana penanganan satwa peliharaan,” ucap Bupati Tamba.

Kegiatan selama dua hari itu, sebanyak 138 ekor anjing dan kucing, mendapat vaksinasi rabies serta 67 ekor disterilisasi/kastrasi,” pungkasnya. (Humas/AM)

Editor: NJK

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA