by

Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung Luncurkan Program Pemagangan Dalam Negeri

KOPI, Bandung – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung melaksanakan kegiatan Pemagangan Dalam Negeri dalam rangka menekan angka pengangguran melalui program Pelatihan Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja. Dalam kegiatan ini Disnaker Kota Bandung bekerjasama dengan Hotel Sari Ater Kamboti, acara berlangsung di Aula Hotel Sari Ater Kamboti, Jum’at (27/8/2021).

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung, Drs. Arief Syaifudin, S.H., yang didampingi Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas, Rina Indrisari Nugraha, S.I.P., M.A.P., menyampaikan bahwa program kegiatan Pemagangan Dalam Negeri Ini berdasarkan Permenaker No. 6 Tahun 2020, DPA SKPD Disnaker Tahun Anggaran 2021, dan MOU Disnaker dengan Hotel Sari Ater Kamboti Bandung.

Penyelenggaraan kegiatan tersebut, merupakan upaya meningkatkan SDM yang terdidik dan terampil sehingga mampu bersaing dalam dunia kerja. Adapun para peserta pencari kerja adalah warga kota Bandung, dengan proses pendaftaran melalui aplikasi Disnaker Kota Bandung NEW BIMMA (Bandung Integrated Manpower Management Application).

“Yang mendaftar 73 orang, yang terverivikasi ber-KTP Kota Bandung 46 orang, 10 orang terverivikasi KTP luar Bandung. Dan dari hasil terseleksi yang dilakukan oleh Hotel Sari Ater Kamboti 20 orang lulusan D3 dan SMA/sederajat. Waktu pelaksanaanya adalah 60 hari kerja, dari tanggal 27 Agustus s/d 5 Nopember 2021,” terang Arief dalam sambutannya.

Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Disnaker Kota Bandung, Rina Indrisari Nugraha, S.I.P., M.A.P., menambahkan bahwa setiap peserta pemagangan mendapatkan fasilitas antara lain; kaos seragam pemagangan, BPJS Ketenagakerjaan, uang pengganti transportasi, makan siang dari perusahaan, ATK, dan sertifikat bagi yang selesai mengikuti pemagangan. “Dan selama pemagangan peserta dibimbing dan di evaluasi oleh pembimbing dari Hotel Sari Ater Kamboti,” ucapnya.

Kepada awak media, Kepala Disnaker kota Bandung, Drs. Arief Syaifudin, S.H., mengatakan dengan adanya program pemagangan ini Disnaker Kota Bandung berharap nantinya para peserta akan menjadi tenaga kerja yang kompeten, mempunyai kemampuan dan kualitas yang baik. “Setidaknya kita bisa menyelesaikan permasalahan pengangguran yang ada di Kota Bandung, juga menyelesaikan bonus demografi kita yang sangat tinggi di angka 77%, sehingga bisa kita lihat bahwa jumlah usia produktif masih tidak berbanding dengan lowongan kerja yang ada. Dalam kaitannya kami berharap kepada perusahaan, apabila ada perekrutan pegawai dapat mengangkat peserta pemagangan menjadi pegawai,” tutur Arief.

Masih ditempat yang sama, Direktur SDM (Sumber Daya Manusia) Sari Ater Kamboti Hotel, Dillah Chaliri, menyampaikan ucapan terimakasih atas kerjasama Disnaker kota Bandung dengan pihak industri yang dalam hal ini Hotel Sari Ater Kamboti. “Kita dari pihak Hotel sangat berterima kasih sekali, dengan adanya program ini kami merasa terbantu. Ini bantuan tenaga juga, nambah orang yang bisa sambil belajar sambil bekerja juga untuk melengkapi. Dan mudah-mudahan bisa bermamfaat untuk para peserta agar bisa terlatih dan profesional ke depannya, terutama di bidang industri pariwisata dan perhotelan sesuai program pemagangan kali ini,” pungkasnya. (Tedy)

Editor: NJK

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA