by

Cara Mencari Pekerjaan Seusai Lulus SMA

KOPI, Jakarta – Seusai menempuh bangku sekolah menengah tingkat atas, baik itu SMA atau SMK, pasti tidak semua langsung melanjutkan pendidikan ke tingkat semakin tinggi. Kadang, dihadapkan masalah di antara lanjut kuliah atau bekerja, dan seringkali harus memilih untuk bekerja karena berbagai hal.

Namun, di jaman saat ini, makin bertambahnya tenaga kerja yang tidak sesuai dengan jumlah lapangan kerja, kesempatan kerja untuk alumnus SMA/SMK ini cukup terbatas dan kompetisi yang ketat. Hingga mencari kerja dengan ijazah alumnus SMA/SMK juga cukup susah, Namun  tidak sedikit pula tempat kerja khususnya industri yang mensyaratkan untuk membuat surat lamaran, maka dari itu anda sebaiknya mencari beberapa contoh CV lamaran kerja sebagai pengetahuan anda. bahkan juga tidak sediki pekerjaan yang ada juga tidak sesuai keahlian yang didalami di bangku sekolah.

Tetapi bagaimanapun realitanya, rupanya bekerja seusai lulus sekolah SMA/SMK ini jadi satu kewajiban yang dilakukan, apakah untuk menunjang ekonomi keluarga ataupun upaya merealisasikan harapan untuk meneruskan kuliah nanti.

Nach, untuk kamu yang ingin segera memperoleh pekerjaan seusai lulus SMA/SMK, berikut langkah yang dapat kamu lakukan:

1. Rajin Bertanya Lowongan Pekerjaan pada Alumni yang Telah Bekerja

Jangan malas bertanya lowongan pekerjaan pada alumni sekolah

Hal pertama kali yang dapat kamu kerjakan agar dapat segera memperoleh pekerjaan seusai lulus SMA/SMK ialah rajin menanyakan lowongan kerja ke beberapa alumni sekolah yang telah bekerja. Karena kesempatan para alumni untuk mengetahui lowongan pekerjaan pada tempat ia bekerja lumayan besar.

Karena itu, penting untuk mempunyai contact dan menjaga hubungan baik dengan kakak-kakak kelas awalnya. Hingga kamu dapat menanyakan ke mereka yang telah bekerja, adakah lowongan kerja yang dapat kamu lamar.

2. Ikuti Acara Job Fair

Job fair sebagai acara yang berisi beragam jenis perusahaan yang membuka lowongan kerja. Hingga pada acara itu, kamu dapat melamar kerja lebih dari satu perusahaan.

Untuk kamu yang ingin cepat kerja seusai lulus sekolah, jangan enggan mendatangi beberapa acara pameran lowongan kerja ini dan memperoleh pekerjaan yang akurat.

Karena itu, saat kamu mendatangi job fair, akan lebih bagus bila kamu membawa surat lamaran pekerjaan sebanyak mungkin.

Pun demikian, tentu saja jangan semua lowongan kerja yang ada itu kamu ikuti, tetapi kamu harus memerhatikan lowongan kerja yang mana kiranya baik buat kamu.

Nach, yang dimaksud baik di sini yaitu pekerjaan yang dapat meningkatkan talenta kamu. Tidak boleh hanya melihat pekerjaan dari nilai upah yang diberi saja, tetapi juga potensi yang akan datang dalam karier kamu.

3. Mencari Informasi Lowongan Pekerjaan yang Paling dipercaya di Internet

Sekarang ini, perubahan tehnologi yang makin maju membuat semua informasi makin gampang didapat. Kamu dapat mencari informasi mengenai lowongan kerja melalui internet.

Tetapi, sudah pasti beberapa informasi itu sebaiknya bisa dipercayai. Kenapa? Sekarang ini banyak penipuan-penipuan yang mengatasnamakan lowongan kerja.

Bahkan juga kasus penipuan telah merajalela, hingga kamu perlu waspada saat mencari informasi lowongan kerja melalui internet, entah itu dari media massa, sosial media, sampai beberapa situs pencari pekerjaan.

Disamping itu, janganlah lupa akan tenggat waktu atau masa aktif lowongan kerja yang diberi oleh masing-masing perusahaan. Janganlah sampai kamu mengirim lamaran pekerjaan saat deadline usai sudah. Untuk lebih amannya, kamu dapat check langsung di website sah (web) dari perusahaan tersebut.

4. Ikut Bursa Kerja Legal

Bila rumah kamu memang lumayan dekat dengan bursa kerja semisal Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Kemenakertrans), tidak ada salahnya untuk mendatangi tempat itu untuk mencari informasi lowongan kerja.

Bursa kerja yang legal semacam ini tentu saja akan semakin aman karena semua informasi terpercaya dan jelas. Sehingga kamu akan terbebas dari resiko-risiko penipuan dalam lowongan kerja.

Bila kamu mencari lowongan kerja di beberapa tempat yang tidak jelas, karena itu sudah pasti bukan pekerjaan yang kamu peroleh, tetapi kamu bisa jadi justru akan mendapatkan kerugian.

5. Ikuti Walk in Interviu

Apakah itu walk in interviu? Yaitu langkah di mana kamu dapat melamar kerja dalam suatu perusahaan secara langsung ke tahap interviu hari itu juga.

Contoh, perusahaan A sedang akan buka lowongan walk in interviu pada 12 Maret 2018 jam 10:00 WIB, karena itu kamu harus tiba pada agenda itu.

Jangan lupa membawa semua arsip yang diperlukan untuk melamar pekerjaan sebagai mestinya secara lengkap. Upayakan tidak untuk terlambat saat tiba, sehingga pihak pewawancara bisa memandang keterdisiplinan kamu.

Disamping itu, bila kamu sampai mengalami keterlambatan, maka sudah pasti kamu bisa saja tidak diperbolehkan mengikuti interviu ini.

Tips diatas memang tidak ada salahnya untuk dicoba mengingat daya saing yang tinggi sekarang ini menuntut kita untuk bergerak cepat. Sekolah bermanfaat.!

referensi : wongcerdas.com

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA