by

Cara Download Lagu dari YouTube di PC dan Netbook

KOPI, Jakarta – Supaya paket tidak boros, kita bisa ambil Mp3 dari video YouTube lalu mendengarkannya secara offline kapan saja kita ingin. Kesempatan kali ini teknosentrik akan berikan beberapa cara paling mudah untuk lakukan khusus buat kamu yang menggunakan PC dan notebook.

Nah untuk mendapat file Mp3 dari video musik yang ada di YouTube, kita bisa ambilnya menggunakan program atau tanpa program. Bila beberapa tahun lalu trick-nya masih tetap dengan ambil videonya dulu lalu convert dengan manual jadi Mp3, tapi sekarang ini sudah lebih singkat kembali. Kita bisa langsung ambil file Mp3-nya sampai tidak pakai repot menukarnya kembali.

Berikut langkah ambil Mp3 dari video YouTube :

1. Memakai Add-on Google Chrome

Cara ambil lagu dari video YouTube yang saya rekomendasikan pertamanya kali adalah menggunakan Add-on browser Google Chrome. Ada beberapa Add-on yang bisa membantu kita lakukan, tapi tidak seluruhnya work, beberapa ada yang sudah mati dan tidak bisa dipakai kembali. Saya sudah coba beberapa Add-on dan yang saya rekomendasikan adalah Youtube Mp3 Converter dari addoncrop.com

Add-on ini bisa bekerja secara lancar di browser Google Chrome, kita bisa ambil Mp3 dari video yang mana ada di YouTube, hebatnya kita perlu menekan tombol saja tidak perlu meninggalkan halaman YouTube atau copy paste link ke situs lain. Kita bebas tentukan kualitas Mp3 yang ingin didownload, diawali dari 60 kbps sampai yang terbaik 320 kbps. Akan langsung saya tunjukkan trick-nya.

  1. Buka Google Chrome
  2. Ambil Add-on di sini: https://addoncrop.com/youtube-mp3-converter/
  3. Ekstrak file hasil ambil
  4. Balik lagi ke Google Chrome, klik tombol menu (titik tiga di pojok kanan atas) tetapkan More Tools > Extensions
  5. Centang opsi Developer Mode yang berada di pojok kanan atas
  6. Klik tombol Load unpacked yang berada di pojok kiri atas
  7. Tetapkan folder hasil ekstrak Add-on baru saja
  8. Tunggu sebentar, Add-on akan terinstall ke browser
  9. Selanjutnya buka YouTube, peroleh video yang ingin didownload
  10. Klik tombol Ambil yang ada di bawah tombol Subscribe
  11. Tetapkan kualitas Mp3 yang diharap, untuk kualitas terbaik yang paling jernih tetapkan 320 Kbps
  12. Klik Ambil

Ini adalah cara favourite saya karena betul-betul singkat, kita bisa mencari video musik di YouTube seterusnya ambil filenya jadi Mp3 hanya dengan 1 kali klik saja. Tak perlu bolak-balik copy paste url hingga kita tidak perlu meninggalkan halaman YouTube, ingin ambil dalam jumlah banyak juga tidak jadi persoalan karena tinggal klik-klik saja.

2. Pakai situs YTMP3

Cara singkat tanpa ribet untuk ambil Mp3 dari video Youtube yang kedua adalah menggunakan kontributor situs unduher. Ada beberapa situs semacam ini yang bisa digunakan secara gratis, beberapa satu diantaranya masih work dan ada juga yang tidak bisa kembali. Saya sudah coba beberapa situs dan yang terbaik adalah YTMP3 ini.

Sampai posting ini, YTMP3 dapat digunakan, yang kita perlu lakukan cuman copy link dari video YouTube yang diharap lalu paste ke situs. Nantinya video akan otomatis ditukar formatnya jadi Mp3 dan kita tinggal ambil ke komputer agar dapat diputar secara offline, inilah beberapa jalannya.

Cara Download Lagu Dari YouTube tanpa program di PC

  1. Buka YouTube.
  2. Peroleh video musik yang ingin didownload.
  3. Copy alamat url
  4. Buka situs ytmp3.cc
  5. Paste url ke bar yang ada di sana
  6. Klik tab Mp3
  7. Klik tombol Convert
  8. Tunggu sampai proses convert selesai
  9. Klik tombol Ambil
  10. File Mp3 akan otomatis didownload ke komputer
  11. Coba putar file Mp3 untuk yakinkan hasilnya bagus
3. Pakai situs Y2Mate

Dalam langkah yang kedua ini kita bisa ambil Mp3 dengan kualitas yang terbaik, yaitu 320 kbps. Mekanisme yang digunakan masih sama, kita akan pakai situs unduher yang bernama Y3Mate.

Mengapa kok harus 320 kbps? Jawabannya jelas saja karena persoalan kualitas. Lagu Mp3 dengan bitrate ini akan menghasilkan suara yang jernih, ditambah lagi jika dalam musiknya ada banyak bas, saat diputar akan terasa lebih nendang dibandingkan dengan bitrate yang lebih rendah. Saat diputar menggunakan speaker notebook dan handphone suaranya tidak pecah dan lebih bulat.

Cara Download Lagu Dari YouTube dengan kualitas terbaik:

  1. Buka YouTube
  2. Peroleh video musik yang kamu gemari
  3. Copy alamat url video itu
  4. Buka halaman https://www.y2mate.com/en13/youtube-mp3
  5. Paste url barusan dicopy ke bar di web
  6. Klik tombol Start
  7. Scroll ke bawah, tonton di sana bakal ada informasi judul video, di sampingnya ada 2 tombol
  8. Tombol pertama untuk tentukan kualitas Mp3, tombol kedua untuk Ambil
  9. Tekan tombol pertama untuk tentukan mutunya, tetapkan 320 kbps
  10. Tekan tombol Ambil
  11. Tunggu sampai selesai
  12. Cek file Mp3 dan coba putar menggunakan player yang ada di notebook untuk yakinkan filenya bagus
4. Metode Download Video dan Lagu Mp3 dengan Menggunakan Situs Download Lagu MP3

Satu diantaranya cara paling mudah untuk Download lagu dan video dari YouTube dengan bertandang situs unduhlagump3.org. Web ini sebagai gudang lagu MP3 terlengkap dan terbaik yang paling mudah dicapai menggunakan handphone, iPhone, android, smartphone atau pc/notebook melalui Google Chrome.

Semua lagu yang ada di dalamnya tiba dari YouTube, artinya setiap pencarian yang Anda lakukan, web ini akan hadirkan hasil pencarian sama seperti yang dipertunjukkan oleh Youtube. Permasalahannya situs ambil lagu ini tidak taruh setiap lagu pada server sendiri, tapi gunakan fasilitas pihak ketiga yang dipersiapkan oleh servis YouTube API.

Hal yang sama dikerjakan oleh situs alternatif seperti metrolagu, stafaband, uyeshare, unduh lagu 321, travelagu, ilkpop, mp3juice, mp3paw, gudang lagu, dan planetlagu, berikut tata cara ambil lagu melalui web Downloadlagump3.org.

  1. Cari lagu di YouTube yang ingin Anda ambil
  2. Copy link yang ada di bagian atas monitor dan optimis semua teks sudah di-copy
  3. Seterusnya buka situs https://downloadlagump3.org
  4. Paste link atau tulis judul lagu seperti ‘BTS’ pada kolom ‘Search’
  5. Klik enter, lalu nantikan sampai prosesnya selesai.
  6. Klik tombol ‘Download’

Beberapa cara di atas dapat kamu coba untuk ambil banyak lagu dan video dengan gampang dan gratis melalui notebook atau handphone agar diletakkan secara offline. Tapi, janganlah sampai menyebar atau mencari keuntungan dari lagu dan video yang sudah di ambil agar Anda terlepas dari undang-undang hak cipta. Karena itu, lebih bijak kembali jika ingin menggunakan cara di atas.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA