by

3 Strategi Utama Merintis Usaha di Era Digital

-Berita-44 views

Membangun usaha terang tidak segampang membalik telapak tangan. Beberapa orang yang mempunyai banyak gagasan dan semangat membara, tetapi tidak paham bagaimana atau kapan harus mengawali. Tahun 2021 yang disanggupi bencana dan kebatasan, antiknya, malah jadi penggerak untuk beberapa orang untuk pada akhirnya berwiraswasta. Ada yang dipaksakan oleh kondisi karena jadi korban PHK, ada pula yang mendapati peluang usaha baru seperti pemasaran sepeda atau tanaman hias terkenal. Trend wiraswasta membuat usaha kecil dan menengah ini terang pantas dihargai sebagai wujud kekuatan tertentu di periode wabah.

Namun, untuk banyak first-timer alias orang yang pertama kalinya jalankan bisnis, banyak hal yang perlu disiapkan dengan masak. Ketidakberhasilan untuk menyiapkan semua kelengkapan pada awal, sering jadi factor pemasti apa sebuah usaha dapat abadi atau cuman seumur jagung. Karena sangat kompleksnya hal bangun-membangun usaha ini, kamu terang akan perlu kontribusi seseorang atau bahkan juga faksi professional. Ditambah lagi kelengkapan usaha yang karakternya benar-benar tehnis atau berbasiskan tehnologi.

Apa-apa saja sich memang kelengkapan yang penting kamu lihat dalam membuat usaha?

1. Punya gagasan usaha cemerlang

Pandemi yang saat ini kita temui ini,seolah-olah jadi titik balik yang menegaskan jika usaha atau usaha itu tak lagi perlu toko fisik. ‘Toko’-mu dapat mencapai juta-an orang di penjuru dunia yang telah tersambung koneksi internet. Peralihan zaman ini terang menuntut ada peralihan taktik pemasaran atau marketing untuk mengenalkan barang berjualanmu ke masyarakat luas. Dibandingkan cetak beberapa ratus atau beberapa ribu edaran promo, sekarang marketing melalui engagement di sosial media akan lebih efisien dan efektif.

Di era digital saat ini, beberapa ide cemerlang atau modal besar tetap tidak cukup bila tanpa dibarengi taktik marketing digital yang bagus. Mulai dari tentukan ingin membuka lapak di e-commerce mana atau buat web sendiri, sampai opsi basis sosial media untuk gelaran promo. Produkmu dapat menjadi lebih pas dipropagandakan di Facebook dibandingkan Instagram kan, atau kebalikannya. Seperti jam membuka toko, kamu juga harus punyai taktik untuk mengurus akun-akunmu itu agar terurus. Jika tidak terurus tanpa posting atau up-date, calon konsumen akan gampang sekali memandang ‘tokomu tutup’.

2. Zaman digital yang persaingannya ketat sekali dan cepat

Pepatah tidak untuk langsung memandang suatu hal dari penampilan luarnya saja itu betul, tetapi kenyataannya susah sekali dilaksanakan di zaman digital dan sosial media sekarang ini. Dengan viral topic yang selalu ganti, serangan headline informasi baru setiap menitnya, sampai up-date real time dari rekan atau account isu — siapa saja akan kesusahan konsentrasi memerhatikan suatu hal lebih dari perhitungan detik. Oleh karena itu, permainan visual untuk dapat mencolok dan mengundang perhatian jadi taktik usaha yang penting. Bila tidak mempunyai visual yang mencolok, produk dengan kualitas sebagus apa saja akan secara mudah ‘tenggelam’ dan tidak kelihatan.

Foto produk, wujud packaging, sampai design account medsos berjualanmu, akan tentukan berapa kuat permainan visualmu bila diadu dengan pemilik lapak lain. Jika tidak diperkirakan dan diakui dari sejak awalnya, desain-desain visual ini bisa saja tidak sama dan kurang serasi.

Baca Juga : harmony.co.id

3. Kelengkapan

Ini rumus membangun bisnis yang telah dipercaya sejak dahulu: belajarlah dari customermu, belajar lah dari kekeliruan periode kemarin. Nach, tetapi yang lain di zaman sekarang ini ialah bagaimanakah cara belajarnya. Berlainan dengan jaman dahulu saat nenek atau kakek kita cuman dapat memercayakan buku catatan kas, saat ini ada beragam tehnologi dan program hebat yang dapat menolongmu memantau perubahan usaha. Beberapa data yang terkumpul ini akan jadi modal penting sekali untuk meningkatkan dan membesarkan usahamu.

Dari data penjualan, mengurus stock barang, sampai catatan pengangkutan, perlu kamu dokumenkan secara baik. Tidak cuma dicatat lo ya, tetapi didalami dan dikaji untuk tentukan taktik peningkatan di depan.

Itulah beberapa hal khusus yang perlu kamu siapkan bila ingin meniti usaha di zaman digital ini. Untuk dapat pahami sikap calon konsumen jaman saat ini, kamu perlu pelajari dan pahami perubahan dunia digital.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA