by

Tips Merawat Shockbreaker Mobil Supaya tidak Mudah Rusak

-Otomotif-1,632 views

KOPI, Jakarta – Shockbreaker adalah elemen pendukung kenyamanan dan perform. Bila shockbreaker alami kerusakan, kenyamanan berkendaraan akan terusik. Munculnya suara tidak membahagiakan dan bantingan keras jadi beberapa keluh kesah yang muncul. Simak ulasan kami tentant tips merawat shockbreaker di bawah ini.

Belum juga handling mobil akan terusik bila elemen kaki-kaki ini tidak pada keadaan sempurna. Walau sebenarnya, menjaga shockbreaker sebetulnya tidak susah.

Dengan memerhatikan banyak hal, perawatan peredam kejut ini dapat dilaksanakan sendiri. Berikut 3 tips merawat shockbreaker yang bisa Anda kerjakan supaya shockbreaker mobil tidak mudah rusak dan masih tetap awet yang kami lansir dari info bengkel mobil terpercaya.

Bersihkan Kotoran Secara Berkala

Karena tempatnya yang ada di undercarriage atau kolong mobil, elemen ini riskan sekali dihinggapi kotoran. Apa lagi saat hadapi musim penghujan karena air, dan pasir lembut sebagai lawan khusus untuk elemen ini.

Walaupun telah diperlengkapi karet penutup di bagian as shock, tetapi air bisa menyelusup masuk bila didiamkan. Air tersebtu lama-lama akan memunculkan karat yang menyingkat umur peredam kejut.

Baca : Cara Memperbaiki Mobil Overheat

Tidak cuman pada bagian as saja, karat bisa juga serang sisi bushing dan baut-baut dudukan. Begitupun dengan pasir yang terikut air hujan. Pasir lembut ini dapat menggores sisi as shockbreaker dan memunculkan kebocoran.

Oleh karena itu, sesudah melalui kubangan air, upayakan untuk membersihkan sisi kolong mobil, khususnya kaki-kaki. Tidak boleh membersihkan mobil pada bagian body saja, karena undercarriage atau kolong mobil disanggupi elemen yang beresiko karat.

Hindari Jalan Berlubang

Di sejumlah batas jalan pasti ada lubang dengan beragam ukuran dan kedalaman. Makin besar dan dalam lubang itu akan mempunyai potensi membuat shockbreaker alami kerusakan.

Hentakan keras dari lubang akan membuat kekuatan peredaman kejut turun. Oleh karena itu, sedapat mungkin jauhi lubang yang terlampau dalam. Bila lubang tidak dapat dijauhi, kontrol kecepatan mobil supaya tidak menghajar lubang dengan keras.

Baca Juga : 5 Hal yang Menjadi Penyebab Mobil Mogok

Hindari Muatan yang Berlebih

Tiap mobil mempunyai batas muatan yang dapat diangkut, baik itu penumpang atau barang. Jika dipaksa melewati batasan, bukan mustahil shockbreaker bisa menjadi targetnya. Usia shockbreaker akan makin cepat menyusut karena selalu diisi muatan berlebihan.

Tidak cuman peredam kejut, elemen lain seperti tie rod dan bushing akan cepat hancur bila dipaksakan berisi beban terlampau besar.

Nah, itu barusan beberapa tips merawat shockbreaker mobil yang penting Anda kenali. Dengan lakukan perawatan yang optimal sama seperti Anda perpanjang periode pemakaian shockbreaker pada mobil.

Mudah-mudahan tips merawat shockbreaker yang kami berikan berguna untuk Anda. Jika shockbreaker mobil mulai dirasakan kurang nyaman, selekasnya membawa ke bengkel mobil langganan Anda.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA