by

Setelah Lebanon, PPWI Buka Kantor Perwakilan di Libya

PPWI Office in Tripoli, Libya

KOPI, Jakarta – Koordinator Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Luar Negeri, Dr. Abdul Rohman S. Daboussy menyampaikan laporannya ke Pimpinan Nasional PPWI di Jakarta bahwa pihaknya telah selesai mempersiapkan Kantor Perwakilan PPWI di Tripoli, Libya. Informasi ini diterima Ketua Umum PPWI, Wilson Lalengke, S.Pd, M.Sc, MA, hari ini, Minggu, 4 Juli 2021. Kepala perwakilan PPWI di Libya dijabat oleh Dr. Faez Mohmad Monsour Alfarjani.

“Setelah berhasil membuka Kantor Perwakilan PPWI di Beirut, Lebanon, beberapa waktu lalu, hari ini saya mendapatkan laporan dari Koordinator PPWI Luar Negeri, Dr. Abdul Rohman Daboussy, bahwa rekan-rekan PPWI di sana telah membuka kantor perwakilan kita di Tripoli, Libya,” ungkap Wilson Lalengke kepada media ini, Minggu, 4 Juli 2021.

Ini adalah kantor perwakilan PPWI yang kedua di luar negeri yang berhasil dibuka atas kerjasama antara Dewan Pengurus Nasional (DPN) PPWI yang dimotori oleh Dr. Abdul Rohman Daboussy, dengan mitra-mitra kerja di bidang media dan publikasi di luar negeri, khususnya di wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara. Pendirian kantor perwakilan di luar negeri, menurut Lalengke, merupakan satu terobosan PPWI untuk mewujudkan sebuah konektivitas komunikasi dan koordinasi antar masyarakat di berbagai belahan dunia.

“Kita bersyukur bisa menjalin komunikasi dan koordinasi dengan berbagai bangsa di dunia melalui sebuah organisasi yang dibangun menggunakan sistim jurnalisme warga, jurnalisme masyarakat kebanyakan. Hal ini akan memungkinkan terbukanya peluang kerjasama antar bangsa yang lebih real, lebih nyata, dan menyentuh kalangan masyarakat akar rumput, bukan hanya oleh para pejabat dan pebisnis elit yang selama ini mendominasi perekonomian maupun geliat dinamika peradaban dunia,” jelas Lalengke yang merupakan lulusan pasca sarjana di bidang Global Ethics dari Birmingham University, The United Kingdom (UK).

PPWI Office in Beirut, Lebanon, lead by Dr. Jamil Ali Zaher (left)

Sementara itu, Dr. Abdul Rohman Daboussy dari Lebanon menyampaikan bahwa dirinya telah menjumpai Duta Besar Republik Indonesia di Beirut untuk melaporkan keberadaan kantor perwakilan PPWI, khususnya yang didirikan di Lebanon. “Lebanon’s PPWI representative, Mr. Jamil Ali Zaher, and I have visited and talked to the Ambassador of the Republic of Indonesia here in Beirut about the opening of PPWI office in Lebanon. Mr. Ambassador Hajriyanto Y Thohari and several officers were welcoming us and ready to support our effort to build cooperation among Indonesian journalists and the Lebanese media,” demikian Lalengke mengutip laporan dari pengurus PPWI di Lebanon.

Selanjutnya, Ketum PPWI Wilson Lalengke juga menambahkan bahwa pihaknya saat ini sedang mempersiapkan pembukaan beberapa kantor perwakilan di beberapa negara lagi di wilayah Timur Tengah dan Afrika. “Yang sudah sedang jalan persiapannya antara lain kantor perwakilan PPWI di Irak, Chad, dan Niger. Jika tidak ada hambatan, semoga tahun ini kita bisa membuka kantor perwakilan di sepuluh negara sahabat di wilayah Timur Tengah dan Afrika, termasuk di Arab Saudi,” imbuh Lalengke bersemangat.

Secara global, anggota PPWI telah menyebar di puluhan negara, baik di Asia, Afrika, Eropa, Australia, Amerika, maupun di Amerika Latin. Para anggota PPWI itu, ada yang berkebangsaan Indonesia yang tinggal di luar negeri, banyak juga yang berkebangsaan setempat. “Kita punya sahabat Mr. Katsujiro Ueno dan kawan-kawan PPWI di Jepang, Ken-Chu Lin dan kawan-kawan di Taiwan, Shiva Heririt dan kawan-kawan di Paris, Prancis, dan banyak lagi,” tutur Lalengke. (APL/Red)

Referensi: BREAKING NEWS PPWI LEBANON; https://www.beritaistana.id/berita/breaking-news-ppwi-lebanon/

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA