by

Sejarah Awal Mula Meja Tercipta

KOPI, Jakarta – Meja merupakan salah satu furniture yang penting untuk dimiliki. Furniture ini memiliki posisi yang penting karena banyak aktivitas yang setiap orang lakukan dengan mebel ini. Kegiatan seperti makan, belajar, dan bekerja tentunya sangat membutuhkan mebel tersebut. Tanpa furniture ini mungkin kamu akan kesulitan saat harus menulis atau mengetik.

Kegunaannya yang banyak kemudian membuat variasi meja menjadi banyak sesuai dengan fungsinya. Apabila penggunaannya untuk makan dan bekerja maka memiliki desain yang berbeda. Begitu pula kegunaan untuk bersantai atau untuk diletakkan di ruang tamu, tentu memiliki desain yang berbeda.

Tetapi, sebenarnya meja saat pertama kali tercipta belum memiliki berbagai bentuk dan desain berdasarkan kegunaannya. Bahkan, pada saat jaman batu belum ada furniture yang tercipta. Pada saat itu manusia purba duduk beralaskan tanah dan makan beralaskan tangan.

Nah, berikut ini sejarah singkat perkembangan meja sebagai furniture!

Awal Mula Diciptakan

Sejarah mencatat bahwa bangsa yang pertama kali menciptakan mebel ini merupakan bangsa Sumeria. Pada zaman itu, bangsa Sumeria membuatnya dengan ukuran kecil dan rendah. Mereka membuat furniture ini dengan bahan kayu atau logam. Berbeda dengan desain meja pada zaman sekarang yang memiliki berbagai ukuran dan bentuk, bahkan dengan fungsi yang beragam.

Setelah bangsa Sumeria, kemudian bangsa Mesir Kuno mengikuti ide dari bangsa Sumeria. Bangsa Mesir Kuno membuat meja yang sama seperti bangsa Sumeria miliki. Meja dengan ukuran kecil dan rendah yang dikembangkan dari penemuan bangsa Sumeria. Meja yang dibuat oleh Mesir Kuno memiliki permukaan yang lebih halus dan terlihat indah.

Lalu bangsa Babilonia dan Asiria kemudian mengikuti yang dilakukan oleh bangsa Sumeria dan Mesir Kuno. Mereka juga membuat dengan ukuran dan desain yang serupa. Masih dengan material yang sama yaitu berasal dari kayu atau logam.

Fungsi Meja

Pada masa awal penemuan meja sebagai furniture, fungsi dari mebel tersebut bukan seperti sekarang. Bangsa Sumeria dan bangsa lainnya lebih banyak menggunakan furniture ini sebagai tempat berbaring. Hal inilah yang membuat mebel ini pada masa tersebut dibuat berukuran rendah. Setelah itu barulah fungsi mebel ini digunakan untuk makan.

Perkembangan Desain

Desain dari mebel ini kemudian dikembangkan oleh bangsa Romawi. Orang Romawi membuatnya dengan desain yang lebih kreatif. Mereka memberikan sentuhan ukiran serta pahatan pada bagian kaki. Bahkan, mereka menambahkan material lain sebagai dekorasi pada mebel yang mereka buat.

Pahatan halus serta penggunaan gading ataupun logam mulia menjadi ciri khas buatan orang Romawi. Bahkan, orang Romawi memberikan pahatan pada bagian kaki menyerupai kaki domba jantan atau singa.

Selain itu, desain yang dimiliki oleh bangsa Romawi berbeda dengan desain dari bangsa Sumeria ataupun Mesir Kuno. Bangsa Romawi bukan hanya membuat furniture ini dengan kaki empat saja. Beberapa diantaranya ada yang bersisikan pelat. Mebel yang bersisikan pelat ini tampak seperti altar.

Material Meja

Bangsa-bangsa lain di dunia mulai menggunakan material berbeda seperti marmer ataupun batu. Bangsa Pompei dan Herculaneum menggunakan material marmer sebagai bahan bakunya. Berbeda dengan bangsa Sumeria yang menggunakan material kayu ataupun logam. Selain itu juga pada abad pertengahan, katedral menggunakan batu yang diperuntukkan saat komuni.

Itu dia sejarah singkat dari awal mula meja diciptakan. Sekarang desain, bentuk, material, maupun kegunaan sudah beragam. Kamu bisa menemukan banyak meja sesuai keperluan kamu. Nah, sekarang sudah tahu kan sejarah awal mula meja? Semoga menginspirasi!

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA