by

Peduli Lingkungan, Satgas Citarum Subsektor 9/Cikampek Babat Rumput di Bantaran Irigasi

KOPI, Karawang – Dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan Satgas Citarum Harum Sektor 19 Subsektor 9/Cikampek melakukan pembabatan rumput yang ada di bantaran irigasi di sekitar Citarum, pada Senin (26/7/21). Kegiatan tersebut berlokasi di Desa Dawuan Tengah RT. 08, RW. 08, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang.

Kegiatan kerja bakti dipimpin langsung Dansektor 9, Sertu Herusyah beserta beberapa personilnya, RW. 08 Iwan, RT. 08 Mulyana, serta dibantu masyarakat setempat.

Saat dikonfirmasi awak media, Dansubsektor 9, Sertu Herusyah mengatakan pembabatan rumput dilakukan agar Daerah Aliran Sungai (DAS) lancar dan bersih. “Dengan banyaknya rumput liar yang tumbuh dipinggir DAS Citarum, maka kami berinisiatif bekerja bakti bersama warga sekitar untuk membersihkan rumput tersebut agar alirannya tidak terhambat dan terlihat rapi dan bersih,” papar Heru.

Ia melanjutkan, tugas utama Satgas Citarum adalah menjaga kelestarian sungai Citarum. “Sudah menjadi tugas kami untuk menjaga kelestarian sungai Citarum, tapi hal tersebut tidak akan terwujud tanpa kerjasama dari masyarakat,” ujar Heru.

Ia mengingatkan masyarakat agar selalu menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah ke sungai, karena akan menyebabkan banjir. “Saya harap masyarakat memiliki kesadaran untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan tidak membuang sampah ke sungai, karena jika banjir terjadi maka yang akan merasakan dampaknya adalah masyarakat itu sendiri,” pungkasnya. (AAS)

Editor: NJK

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA