by

Mengenal Kampung Arab Pare

KOPI, Pare – Berbagai lembaga pendidikan tersebar luas di Indonesia. Bahkan bisa dikatakan berbagai daerah memiliki lembaga pengembangan pendidikannya masing-masing guna menjadi wadah bagi para anak-anak hingga orang dewasa, mulai dari PAUD hingga jenjang perkuliahan, mulai dari pendidikan formal hingga pendidikan non-formal.

Hal ini memang sangat penting dan wajib ada untuk meningkatkan kualitas generasi anak bangsa agar bisa menjadi teladan dan bisa menjadi agen perubahan yang baik untuk berjalan selaras dengan zaman yang senantiasa berlangsung.

Berbagai cabang pembelajaran telah disiapkan dan di fasilitasi di berbagai ranah pendidikan, tinggal kita sebagai insan yang akan memilih untuk fokus ke ranah mana saja untuk mengembangkan diri.

Kemampuan Berbahasa Arab

Bahasa Indonesia, dan bahasa-bahasa Internasional saat ini banyak juga dipelajari guna pendidikan, ekonomi, hingga politik. Semua itu bisa dilewati dengan berpendidikan, yakni berbahasa. Karena komunikasi sangat penting bagi siapapun yang ingin berinteraksi dengan lingkungan sekitar atau dalam forum resmi.

Bahasa Arab salah satunya, yakni bahasa yang banyak diminati orang untuk dipelajari. Kita bisa lihat banyak lembaga kursus atau latihan atau bahkan pendidikan formal dan non formal yang menyediakan kelas pengembangan bahasa ini. Tentu saja hal ini menunjukkan tingkat urgensitas bahasa arab di dunia Internasional. Apalagi di lembaga pendidikan Islam atau pondok-pondok, hal ini menjadi penting bahkan merupakan salahsatu warisan untuk terus mengalir ilmu kebahasaan ini.

Kampung Arab Al-Azhar Pare

Pentingnya bahasa Arab saat ini menyaingi pentingnya dalam berbahasa Inggris. Sehingga seperti dikatakan sebelumnya, pembelajaran offline dan online, formal non formal menyediakan kelas ini.

Kampung Arab sendiri bahkan sampai dicetuskan. Jadi tak hanya ada Kampung Inggris yang berisi orang luar dan dalam negeri. Namun, Kampung Arab  sendiri juga hilir mudik pendatang dari dalam dan luar negeri, khususnya Timur Tengah.

Mengenal Kampung Arab yang dicetuskan oleh Al-Azhar Pare kini sudah menjadi lembaga yang masyhur dan tak asing di kalangan orang pendidikan. Tak dipungkiri juga lembaga ini juga bekerjasama dengan kampus-kampus arab di Timur Tengah untuk meningkatkan kualitas pelajar di dalamnya. Bahkan beberapa pengajar Kampung Arab di Al-Azhar Pare pun ada yang lulusan dari Timur Tengah itu sendiri.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA