by

Cara Menjalankan Instagram Marketing untuk Bisnis yang Perlu Anda Ketahui

KOPI, Instagram Marketing – Dengan lebih dari 800 juta account aktif di Instagram, Instagram jadi basis atau media marketing yang pas untuk bisnis. Tetapi, mempunyai account bisnis Instagram tidak selamanya memiliki arti Anda memakainya dengan optimal.

Sekitar 75% pemakai Instagram beraktivitas seperti belanja, cari, atau memberitahu famili saat mereka menyaksikan satu posting-an yang memikat.

Tetapi, tingkat keterkaitan pemakai Instagram itu tidak selamanya tingkatkan alterasi yang semakin tinggi dan berbuntut kenaikan pemasaran bisnis Anda. Walau sebenarnya, di sana ada kekuatan yang besar untuk kenaikan pemasaran bisnis Anda.

Sebetulnya, yang Anda perlukan hanya cara atau pendekatan yang pas untuk merealisasikan kekuatan itu. Berikut sejumlah cara atau pendekatan untuk bisnis Anda untuk tingkatkan pemasaran e-commerce dengan memperbaiki bisnis Instagram marketing Anda selain memakai Instagram DM API.

Buat Guidelines Profil Instagram Anda

Guidelines sebagai rangka referensi yang bakal dipakai dalam tiap proses kegiatan. Bagaimana Anda akan membuat profile instagram agar mengundang perhatian? Bahasa Apa yang bakal Anda pakai? Dan bagaimana Anda panggil audience Anda?

Salah satunya guidelines paling penting dalam membuat instagram ialah feeds Instagram. Berikut tips untuk membuat feed guidelines Instagram Anda supaya feeds Anda kelihatan estetis:

  • Menyesuaikan warna pada setiap feeds Instagram. Baik warna produk atau tone warna photo.
  • Menyesuaikan jenis produk yang dipasarkan pada setiap feeds.
  • Menggunakan tamplate pada setiap feeds Instagram.
  • Memakai background yang serupa di setiap photo.
  • Memakai grid yakni Anda membuat desain sebuah gambat besar yang selanjutnya dipotongi jadi beberapa feeds.

Selain feeds, Anda harus juga membuat guidelines tulisan. Dengan tata bahasa apa Anda berhubungan dengan audience. Bagaimana tamplate instastory Anda, berapakah hari dalam satu minggu Anda akan lakukan promo, dan lain-lain.

Follow Calon Konsumen dari Pasar yang Sama

Sudah pernahkah Anda mendadak di-follow oleh account bisnis yang paling sesuai kemauan Anda? Ya, mereka mengaplikasikan taktik ini. Karena warga di Instagram yang luas dan bermacam, ini jadi taktik yang mempunyai kesempatan besar kesuksesannya.

Lalu triknya bagaimana? Anda bisa buka hashtag yang terkait lewat produk Anda atau buka account kompetitor bisnis Anda, lalu follow audience dari hashtag dan Account kompetitor bisnis Anda.

Kerjakan ini setiap hari tetapi dengan batas, Misalkan, satu hari Anda mem-follow 30 orang. selanjutnya pada hari selanjutnya 30 orang kembali.

Terus Berhubungan dengan Audiens

Berhubungan dengan audience ialah komponen penting dalam Instagram Marketing. Ini mempunyai tujuan untuk selalu memberinya kesadaran mengenai keberadaan bisnis Anda ke customer.

Disamping itu, dengan terus memberinya peluang hubungan dengan audience. Anda dapat membuat crowd yang kemungkinan berpengaruh dalam jumlah follower, konsumen atau lingkup yang lain.

Ada banyak hal yang bisa Anda kerjakan salah satunya, membuat mini quiz lewat instagram story. Melangsungkan giveaway pada peristiwa tertentu dan menjawab tiap komentar.

Jangan Meremehkan Kekuatan Instagram Konten

Content Instagram ialah komponen terpenting saat lakukan Instagram Marketing. Bila pada awal tahun 2010-an, beberapa penjual Instagram cuman memercayakan photo produk saja.

Sekarang ini beberapa pelaku bisnis di Instagram memercayakan content. Anda bisa membuat dua account bisnis yakni account daftar dan account khusus.

Menfaatkan Fitur yang Ada di Instagram

Instagram sekarang ini mempunyai feature yang bermacam satu diantaranya Instagram for business. Buat account Anda secara professional memakai Instagram for business. Satu diantara keunggulan memakai account professional Anda bisa menyaksikan performa account Anda dengan feature insight.

Fitur ini bisa menyaksikan jumlah account yang menyaksikan profile Anda, jumlah yang menyenangi postingan Anda sampai berapakah customer yang berhubungan dengan Anda. Feature lain Instagram yang bisa Anda gunakan sebagai bisnis diantaranya:

  • Instastory.
  • Highlight.
  • Instagram Ads.
  • Direct purchase.

Kirim Direct Messages (DM) ke Follower

Kadang, Anda wajib melakukan beberapa hal yang tidak tersambung langsung untuk meningkatkan bisnis Anda. Meskipun mengirimi DM ke lusinan atau bahkan juga beberapa ratus orang dapat habiskan beberapa waktu dan meletihkan. Tapi hal itu dapat memperoleh beberapa hasil yang memberikan kepuasan untuk perubahan bisnis Anda.

Baca Juga : Tips Berkomunikasi Secara Efektif dengan Pelanggan Melalui Postingan dan DM Instagram

Gunakan Lebih Banyak Hashtag

Tidak seperti Twitter dan Facebook, di mana memakai lebih dari dua tagar akan kurangi engagement. Pemakai Instagram tidak berasa hanya cukup dengan memasangkan dua tagar.

Bahkan juga, makin banyak tagar yang Anda pakai, makin banyak engagement atau minat yang Anda peroleh dari follower Anda! Minimal, pakai 30 tagar yang ada untuk posting-an Anda!

Bekerjasama dengan Influencer dan Pihak Lain

Anda bisa bekerjasama dengan influencer yang bisa mempengaruhi pemasaran produk. Contoh bila Anda ingin jualan sneakers, Anda bisa lakukan endorsement dengan aktris yang mengumpulkan sneakers. Anda dapat lakukan kerja sama dengan pihak lain.

Misalkan, komune amal dengan membagi beberapa pemasaran untuk amal, atau mengaplikasikan pembelian produk tertentu akan memperoleh voucer gratis kopi.

Percaya atau tidak, instagram sebagai platform atau media sosial yang hingga saat ini masih efisien dipakai oleh beberapa pelaku bisnis komersil untuk tingkatkan pemasaran produk mereka.

Gunakan beragam feature ter-update di Instagram untuk meningkatkan bisnis Anda. Berkaitan peningkatan bisnis, Anda pun jangan lupakan persoalan berkaitan pendataan dan laporan keuangan Anda.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA