by

Bahas Program Kerja, FK-PKBM Kabupaten Jayapura Gelar Rakerda

KOPI, Jayapura – Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FK-PKBM) Kabupaten Jayapura, menggelar Rapat Daerah (Rakerda) di PKBM Penusa, Jalan Hawai Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa( 06/7/2021). Hal tersebut disampaikan Ketua DPW FK-PKBM Provinsi Papua, Adriana M. Adadikam, SE, M.Pd., bahwa Pada Hari Ini FK-PKBM Kabupaten Jayapura lakukan Rakerda mengenai Program-Program PKBM, yang akan dilaksanakan di Kabupaten Jayapura di Salurkan ke beberapa satuan ada di Kabupaten Jayapura, kegiatan ini tidak terlepas dari Anggaran Dasar dan Rumah Tangga FK-PKBM Indonesia.

Rakerda FK-PKBM tersebut, lanjut Adriana, bertujuan bahwa setiap satuan ketika melaksanakan program pendidikan khususnya Pendidikan Keaksaraan dan Program Pendidikan Anak Usia Dini khususnya Pendidikan PAUD Nonformal di antaranya: Kelompok Bermain Satuan PAUD sendiri yang terdiri dari Sekolah Minggu, Bina Iman, Taman Bermain Lestari, Pos Yandu. Selain dari kegiatan PAUD Nonformal ada kegiatan Taman Bacaan Masyarakat dan Pemberdayaan Perempuan.

Lanjutnya, yang paling penting ketika dalam program pendidikan ada Kelompok Life Skill atau Kelompok Belajar Usaha, di dalam FK-PKBM ini kami membawa ketika satuan PKBM di wajibkan melaksanakan program minimal tiga program yaitu program Pendidikan Keaksaraan, di tambah program tergantung dari kemampuan kekuatan dari satuan tersebut bisa di tambahkan TBM, life skill, PAUD dan lain sebagainya,’’ imbuh Adriana.

Selanjutnya, kata Adriana, harapan kami dengan kegiatan rapat kerja ini hasilnya bisa disalurkan ke setiap satuan dan juga dibagikan atau diinformasikan kepada DPRD Kabupaten Jayapura dan juga kepada pihak Dinas terkait bahkan kepada Bupati Jayapura bahwa Pendidikan Nonformal khususnya kegiatan belajar itu adalah tempat atau wadah yang menyiapkan, menampung masyarakat yang kurang beruntung yaitu masyarakat yang putus sekolah atau anak-anak yang menganggur, anak-anak narkoba dan lain sebagainya.

“Tempat belajar atau pendidikan adalah PKBM atau disebut Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat yang ada di Kabupaten Jayapura,’’ harap Adriana.

Ketua DPD-FK-PKBM Kabupaten Jayapura, Jonathan Ongge, S.Pd., menyampaikan apresiasi kepada Wartawan PPWI yang telah datang meliput mengambil beberapa hal penting untuk dokumentasi lembaga, kemudian kegiatan rencana kerja DPD-FK-PKBM Kabupaten Jayapura.

Rakerda FK-PKBM dibuka Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, yang didampingi Kepala Bidang Pendidikan PAUD dan Dikmas yang hadir dan menyaksikan kegiatan tersebut. Kegiatan berlangsung lancar dan semua komisi dapat menyerahkan hasil kerjanya kepada tim formatur yang akan melaksanakan dan merangkum hasil rakerda.

Lalu kami akan laporkan ke Dinas Pendidikan hasil rakerda dan ke depannya lembaga ini seperti apa? Dan apabila lembaga ini dapat berjalan dengan baik maka masyarakat-masyarakat di 19 Distrik dan 145 Kampung di Kabupaten Jayapura itu dapat merasakan manfaat PKBM.

“Harapan saya masyarakat yang kurang beruntung dari berbagai faktor, mereka nanti akan merasakan kehidupannya lebih baik,’’ beber Jonathan.

Sementara itu Kepala Bidang PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Amelia Ibo, S.IP, M.Pd., menjelaskan bahwa untuk kegiatan Rakerda FK-PKBM kali ini saya berharap PKBM itu dia tidak hanya muncul sesaat pada saat kegiatan Keaksaraan saja tetapi PKBM merupakan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat dan mempunyai banyak program yang bisa dilaksanakan antara lain: program Keaksaraan , kelompok bermain, SPS, TBM dan juga Life Skill keaksaraan fungsional ini sebenarnya bisa dikembangkan didalam PKBM.

Sehingga lewat Rakerda ini dapat menyusun suatu program yang benar-benar bisa memberikan harapan baru bagi setiap PKBM. Dan PKBM harus memiliki program unggulan yang harus dicapai.

“Jadi tidak musti sama dari satu PKBM dengan yang lainnya, tetapi harus ada program-program unggulan yang bisa kembangkan di setiap PKBM. Sehingga di setiap momen seperti pada hari Aksara Internasional tanggal 09 September 2021 itu bisa menghasilkan atau ada pameran-pameran yang bisa digelar pada saat hari Aksara Internasional itu, maka masyarakat bisa melihat PKBM itu benar-benar eksis dalam menggembangkan programnya, ” terang Amelia.

Rakerda FK-PKBM turut dihadiri utusan dari tiap-tiap Satuan PKBM sebanyak 30 peserta, unsur peninjau, Pengurus DPW FK-PKBM Provinsi Papua, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, Kabid PAUD dan Dikmas, Para Undangan’, (SEM/Red).

Editor: NJK

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA